10 Taktik Berdagang Online di Instragram – bagian 2

Instagram awalnya diciptakan sebagai sosial media untuk upload gambar atau foto dari smartphone pengguna. Sama halnya seperti sosial media lain, fungsinya pun bergeser pula seiring banyaknya bisnis yang menggunakannya untuk keperluan marketing. Tidak jarang kita temui online shop yang menggunakannya sebagai sarana untuk promosi. Sebab pengguna Instagram jumlahnya banyak dan aktif (justru mungkin lebih aktif dibanding Facebook). Nah, bagi kamu yang ingin mulai memanfaatkan Instagram untuk bisnis, berikut Pekku berikan 10 strategi marketing di Instagram Bagian ke-2.

1. Tunjukkan kegunaan produk

Apa yang pembeli inginkan adalah apa yang mereka butuhkan. Sehingga produk yang ingin mereka beli adalah produk yang mereka butuhkan. Sehingga sangat perlu kita menunjukkan gambar dari kegunaan produk tersebut. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi pembeli yang tidak tahu produk apa yang kita jual. Seperti make-up, tentu saja para konsumen memerlukan bukti atau sekedar demo bagaimana produk tersebut digunakan.

2. Tunjukkan foto toko offlinemu

Apabila kamu memiliki toko online yang sekaligus toko offline, kamu juga perlu menunjukkan kepada pelanggan tentang bagaimana tokomu. Tidak perlu gambar keseluruhan bagian dari toko, nampak depan atau nama jalan saja sudah cukup untuk menunjukkan toko offlinemu pada konsumen. Sehingga apabila konsumen ingin berkunjung langsung, mereka mudah mengenali tokomu dari foto yang pernah kamu posting di akun Instagrammu. Hal ini cocok untuk usaha seperti usaha kuliner yang seringkali didatangi konsumen untuk urusan icip-icip.

 

3. Berbagi foto Behind the Scene

Kamu pernah membeli Blue Ray Disk film Hollywood? Jika kamu melihat daftar isi Blue Ray tersebut, kamu bisa menemukan fitur Behind the Scene dari pembuatan suatu film. Mengapa produsen menyertakan fitur demikian? Karena menarik, sebab Behind the Scene memberi akses lebih pada konsumen untuk melihat “dapur” dari suatu proses produksi. Hal ini bisa kamu terapkan untuk memarketingkan usahamu di Instagram. Saat kamu membuat iklan atau promosi, akan menjadi menarik apabila kamu bisa menunjukkan bagaimana proses iklan atau promosi tersebut dibuat. Berikan followers atau pelangganmu kesan seolah-olah mereka memiliki akses backstage dari “dapur” usahamu untuk menjadikan mereka lebih dekat dan personal.

4. Tunjukkan foto event

Ketika kita memilih untuk membuka bisnis, tentu saja kita akan mencari tahu event apa yang sedang atau ingin diadakan yang berkaitan dengan bisnis. Dan kita juga perlu untuk sedikit berbagi kepada para pelanggan tentang event yang sedang kita ikuti. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengenalkan apa saja kegiatan kita selain berjualan.

 

5. Berikan sedikit hiburan

Perlu kita ketahui, jika tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton, kamu bisa memberikan sedikit hiburan, seperti mengupload foto atau video lucu seklaipun tidak memiliki korelasi langsung dengan bisnismu. Jangan khawatir, foto atau video yang “diluar jalur” ini tidak akan mengurangi kapasitas foto produk yang ingin kita jual asal tidak diposting terlalu sering sampai memenuhi laman. Dan lagi, para followers juga tidak akan menolak jika mereka bisa terhibur dengan unggahan video atau foto lucumu.

 

Selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.