4 Cara Efektif Menangani Komplain Negatif Dari Pelanggan di Sosial Media

Pekku Goers, jika kamu sedang menekuni sebuah bisnis, baik offline maupun online, kepuasan pelanggan adalah salah satu syarat penting untuk mendapatkan keuntungan berjangka panjang, bukan? Di dalam memberikan kepuasan pelanggan, kamu sebagai pelaku bisnis perlu memberikan pelayanan terbaik kepada mereka.

Lalu, bagaimana bila ada salah satu pelangganmu yang merasa tidak puas dan menyampaikan pendapatnya di media sosial bisnismu dan tidak jarang memancing emosimu?

Jangan buru-buru emosi! Pekku punya 4 cara efektif untuk menanggapi komplain negatif dari pelanggan agar tetap dapat melayani mereka dengan baik dan membangun image positif pada bisnismu di masa depan.

 

Cepat Memberi Tanggapan

Biasakan untuk selalu memberikan tanggapan yang cepat terhadap komplain negatif dari pelanggan. Untuk itu, kamu perlu mengecek media sosial perusahaanmu dengan rutin agar dapat menanggapi pertanyaan dan pendapat pelangganmu dengan cepat.

Selain itu, berikan solusi atas permasalahan yang dikeluhkan oleh pelanggan maksimal 1 jam. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Convine & Convert, sebanyak 40% pelanggan mengharapkan respon lebih lanjut dalam kurun waktu 1 jam setelah mereka menyampaikan komplainnya.

 

Follow Up Permasalahan yang telah Diselesaikan

Setelah memberikan solusi atas komplain yang diberikan oleh pelanggan, jangan berasumsi bahwa kamu telah menyelesaikan masalah. Lakukan pendekatan secara personal dengan melakukan follow up pada solusi dan permasalahan yang dikeluhkan oleh pelangganmu. Secara tidak langsung, kamu telah membangun image bahwa bisnismu peduli dengan kepuasan pelanggannya. Kamu juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan feedback tentang pengalaman pelanggan dengan perusahaanmu.

 

Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf

Tidak ada yang sempurna, bukan? Bisnismu pun juga dapat melakukan kesalahan walaupun telah mempersiapkan konsep dan sistem kerja yang sangat matang. Jika ada pelanggan yang merasa kecewa, akui kesalahan dan sampaikan permintaan maaf dengan tulus, termasuk di dalam media sosial sekalipun. Ketika kamu melakukan permintaan maaf di media sosial, maka emosi pelanggan pun akan mereda. Sebaiknya tidak menggunakan tulisan permintaan maaf yang kamu salin dari orang lain, karena banyak pengguna media sosial lain juga akan menilai permintaan maafmu itu.

 

Jangan Menghapus Komplain Negatif

Hal yang selanjutnya perlu dijadikan catatan adalah jangan menghapus komplain negatif dari pe;anggan tersebut. Ada kemungkinan bahwa pelanggan yang kurang puas akan terus menyampaikan kekecewaannya melalui komplain negatif. Nah, yang perlu kamu lakukan adalah tetap bersikap sopan dan tidak menggunakan kata-kata kasar dalam memberikan tanggapan.

 

Tips Pekku:

Memberikan pelayanan terbaik baik pada pelangganmu sangat tidak mudah. Hal yang perlu kamu ingat sebagai pebisnis adalah untuk menjaga emosimu dengan baik. Jangan mudah terpancing dengan komplain negatif dari pelanggan dan jangan ambil keputusan saat dirimu sedang emosi. Masa depan bisnis terletak pada kepuasan pelanggan dan image yang terbangun dari layanan yang kamu berikan kepada mereka.

Selamat berbisnis, Pekku Goers!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.