4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendesain Website

Adakah website yang menjadi favorit kalian? Hal apa yang membuat kalian tertarik dengan website tersebut?

 

Pekku Goers, jika kalian sedang berencana untuk mendesain sebuah website, perhatikan 4 hal berikut agar hasil desainmu lebih maksimal:

 

  1. Tujuan Website Dibangun

Setiap website yang akan didesain harus memiliki tujuannya yang detil dan jelas. Nah, tugas Pekku Goers sebagai seorang desainer tidak hanya mendesain saja namun juga mengetahui tujuan yang dimiliki dari website yang akan dibangun. Tujuan dari sebuah website terdiri atas visi dan misi web master saat ingin membangun websitenya dan target pengunjung dan pembaca yang akan dituju. Jika kalian memperhatikan tujuan awal dari website tersebut, dijamin kalian akan lebih mudah menemukan desain yang sesuai.

  1. Rencanakan Navigasi yang Sederhana

Hal penting selanjutnya yang perlu diketahui adalah desain navigasi yang harus sederhana. Sederhana yang dimaksudkan mudah dilihat, ditangkap dan dipahami oleh pengunjung serta tidak menyulitkan mereka ketika menggunakannya. Jika perlu, kalian dapat menggambar secara manual urutan navigasi terlebih dahulu sambil melihat referensi dari website-website yang telah ada sebelum mulai mendesainnya. Melalui perencanaan yang baik dan matang, navigasi yang akan kalian gunakan pun akan dapat diakses dan digunakan dengan mudah oleh pengunjung.

 

  1. Perhatikan Unsur dan Jenis Desain yang Diperlukan

Jika setiap website memiliki tujuan yang berbeda, maka unsur dan jenis desain yang digunakan juga akan berbeda pula. Setiap desain dari website sebaiknya menjadi media untuk mencapai tujuan dari website itu sendiri. Kalian dapat memilih jenis desain yang ingin digunakan untuk website tersebut, seperti retro, modern, vintage, dan sebagainya. Selain itu, kalian juga harus menentukan unsur desain dan usahakan untuk selalu sesuai dengan jenis desain yang telah kalian pilih sebelumnya, seperti penggunaan warna, tipografi dan elemen grafis (foto dan video).

 

  1. Buatlah Mockup dan Prototype

Apabila kalian telah mengetahui ketiga informasi di atas, jangan terburu-buru untuk langsung mendesainnya. Buatlah beberapa mockup dan prototype untuk ditunjukkan kepada klien kalian sebelum website itu benar-benar dibangun. Mockup yang kalian buat bertujuan untuk memberikan gambaran tampilan yang akan dibuat, sedangkan prototype dapat memberikan pengalaman fungsional saat klien mencobanya. Kedua hal ini sangat penting untuk diterapkan agar desainer dan klien memiliki gambaran yang sama mengenai website yang akan dibuat nanti.

 

Sudah siapkah kalian mendesain website sekarang? Yuk buat sekarang juga di Pekku.com

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.