4 Kategori Grade Customer yang WAJIB Kamu Tahu

Dunia bisnis tidak akan bisa dipisahkan dengan customer. Baik bidang produksi barang ataupun jasa, keduanya sama-sama akan berurusan dengan customer. Tahukan kamu bahwa customer di Indonesia, bahkan di dunia, memiliki GRADE (Kelas)? Ketahui rahasia dibalik customer yang yes man dan yang super pemilih dengan mempelajari 4 Grade customer berikut ini!

 

Grade ‘A’ = Awesome.

 

 

Grade ini adalah list customer yang terbaik untuk usaha kita. Mereka selalu mengorder ke kita walau tanpa kita tawarkan, mereka sudah menjadi pelanggan tetap dan selalu meminta kita menyediakan jasa/produk yang mereka inginkan. Dan jika kita tawarkan, mereka selalu mau dan tanpa tawar-menawar yang ribet. Kadang kala mereka malah membantu menawarkan jasa/produk kita ke orang lain, mereka menjadi viral marketing kita. Benar-benar customer yang Awesome!

 

Grade ‘B’ = Basic.

Grade customer ini biasanya menerima apa pun yang kita tawarkan. Walau mereka biasanya menawar harga yang kita tawarkan, namun mereka tetap membeli dari kita. Kepada grade ini selalu kita memberikan informasi atas jasa/produk kita yang baru atau sedang kita pasarkan. Tipe customer ini sedikit pasif, tapi tetap berpotensi jika kita mau aktif berinteraksi.

 

Grade ‘C’ = Can’t Deal

Apapun yang kita tawarkan kepada customer di grade ini, selalu dilakukan tawar-menawar, selalu meminta update proposal/penawaran, tetapi pada akhirnya mereka tidak membeli dari kita. Di grade ini kita harus menjaga effort team marketing kita agar tidak terjebak dan terkuras oleh customer tersebut.

 

Grade ‘D’ = Death

Mereka langsung menolak apapun yang kita tawarkan. Mereka biasanya tidak ingin mendengar penawaran yang diberikan, tidak ingin melihat dan membaca brosur yang diberikandan pastinya mereka tidak akan pernah mau datang ke outlet kita. Customer di grade seperti ini harus segera kita tinggalkan, sudah cerewet ujung-ujungnya kamu di-PHP, sedih kan?

 

Penting bagipelaku usaha seperti bisnis UKM untuk membuat list customer berdasarkan grade-grade tersebut diatas. Sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka dan kinerja team marketing pun menjadi efektif dan efisien. Sudah kebayangkan siapa saja customer-customermu yang masuk di masing-masing grade tersebut?

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.