4 Kunci Bertahan di Tengah Persaingan Bisnis yang Ketat

[Cover Blog] Vector-11

Bisnis merupakan pekerjaan yang dilakukan tidak hanya jangka pendek namun juga jangka panjang. Ini terlihat dari pola perjalanan bisnis ini sendiri yang tidak hanya menjual produknya hari ini dan mendapatkan untung seketika, namun bisnis lebih kepada hubungan yang kontinyu. Nah, inilah kenapa dalam bisnis kita akan mengenal banyak hal seperti branding, bertahan dan kemampuan memberikan nilai kepada yang melanjutkan.

Jika persaingan bisnis saat ini saja sudah sangat ketat, bagaimana dengan keesokan harinya? Dipastikan persaingan semakin bertambah dari hari ke hari dan ini tidak berlaku hanya bagi pebisnis offline namun juga online. Lalu bagaimana caranya para pebisnis tersebut mampu bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat? Ternyata mereka memiliki cara khusus untuk bertahan, dan berikut inilah cara yang dilakukan oleh para pebisnis:

  1. Branding terus-terusan
    Baik itu bisnis offline maupun online branding harus terus dilakukan meskipun bisnis anda sudah mempunyai nama, logo, lokasi, website, dll. Branding sendiri merupakan sebuah upaya agar bisnis yang kita punyai bisa dikenal oleh banyak orang serta mampu mendapatkan kepercayaan dari cutomerrs dan ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti pameran, seminar, sticker, kartu nama dlll.
  2. Variasi dan inovasi produk
    Tingginya persaingan akan memaksa anda berfikir lebih kreatif. Cara paling ampuh agar mampu bertahan dalam persaingan pasar yang ketat ini adalah dengan memberikan variasi dan inovasi produk. Kita harus paham seorang customers pasti menginginkan sesuatu yang baru dan inilah alasan kenapa bisnis yang mampu memberikan variasi dan inovasi lebih bertahan dari yang hanya satu variasi saja.
    Meskipun produk yang dijual beragam dan juga memiliki inovasi yang baru, namun tetap perlu diperhatikan dari sisi ke-khas-an produk anda.
  3. Membangun kerjasama yang baik
    Sebuah bisnis yang sukses adalah bisnis yang melibatkan orang lain. Kerjasama inilah yang nanti akan membantu anda untuk menjual produk, mendapat pelanggan hingga menciptakan sebuah inovasi.
  4. Melakukan cross-selling dengan kompetitor
    Meskipun persaingan dalam bisnis terbilang sangat sengit, namun tidak ada salahnya melakukan cross-selling dengan kompetitor. Melakukan cross-selling bisa berguna ketika ada pelanggan yang menginginkan sebuah barang yang tidak kita punyai, nah ketika inilah kita bisa memanfaatkan kompetitor, apalagi jika mereka mempunyai barang tersebut.

4 kunci yang kerap digunakan para pebisnis agar mereka mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat ini. Kian hari kian banyak orang yang memutuskan bergelut dalam dunia bisnis sehingga semakin banyak pula kompetitor atau pesaing yang muncul. Banyaknya pesaing yang muncul mengindikasi tingkat persaingan yang semakin tinggi sehingga salah sedikit bisa berakibat pada raibnya usaha anda.

Dengan risiko yang cukup tinggi tersebut bisa dikatakan bahwa mereka yang masuk dalam dunia bisnis merupakan orang-orang yang bernyali tinggi, karena itulah mereka perlu diacungi jempol.

Nah, demikian sekelumit informasi diatas, semoga bermanfaat, menambah wawasan dan selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.