4 Metode Menjaring Kesetiaan Konsumen

Rahasia untuk mendapatkan kesetiaan konsumen adalah dengan strategi follow up yang menimbulkan respon positif pada konsumen. Follow up positif ini sudah diawali dari sejak kamu berkata “terima kasih” pada sang konsumen dan mengetahui pendapatnya tentang produk atau jasamu. Bagaimana caranya?

1. Beritahu konsumen apa yang kamu lakukan.

Bisa berupa newsletter atau secara langsung via telepon. Sampaikan bahwa kamu punya produk baru atau peningkatan layanan supaya konsumen tahu bahwa kamu sungguh-sungguh bekerja untuk kepuasan mereka. Jika kamu pemilik online shop, informasi kecil seperti “saya yang akan mengkonfirmasi pesanan Anda ke ekspedisi, jadi Anda tidak perlu repot” akan sangat berharga bagi konsumen. Dengan demikian, kamu telah meringankan 1 beban konsumen sebagai bukti bahwa bisnismu memang customer-oriented.

2. Kontaklah konsumen setiamu secara pribadi.

Jika kamu berpapasan dengan konsumen setiamu di suatu event, sampaikan rasa senangmu sebagai follow up sederhana melalui email atau chatting personal. Katakan padanya, “Happy banget bisa ketemu kamu di pameran mobil kapan hari, ternyata kita sama-sama suka city car warna merah ya.” Konsumen akan senang jika kamu peduli pada mereka bahkan diluar pembicaraan bisnis. Komunikasi personal sebagai teman akan membina relasi yang solid dan lebih long-lasting.

 

3. Jadikan relasi kalian personal.

Email dan voicemail memang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan konsumen, tapi sentuhan personalnya sedikit terkikis karena konsumen belum tentu merespon begitu membaca email darimu. Tawarkan melalui email atau voicemail berikutnya bahwa kamu bersedia meluangkan waktu untuk bertemu langsung. Jarakmu dengan konsumen tidak akan berkurang selama kamu masih memperlakukan mereka seperti orang lain dengan keterikatan materi. Mendekati konsumen secara personallah yang akan mencairkan suasana dan memperlancar komunikasi bisnis kalian.

4. Rayakan moment istimewa.

Ingatlah bahwa konsumen juga punya hari dan perayaan istimewa. Berilah setidaknya ucapan selamat atau bahkan kado istimewa bagi konsumen yang berulang tahun, merayakan wedding anniversary, dll. Kamu juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk setiap moment istimewa konsumenmu. Jika kamu seorang fotografer, mengirim email dengan template spesial graduation bagi konsumenmu yang baru saja lulus kuliah S2nya akan terasa lebih menyentuh dan memungkinkan sang konsumen untuk kembali mengabadikan moment istimewanya menggunakan jasamu di kemudian hari.

 

Intinya, pendekatan personal pada konsumen juga perlu. Namun, jangan memaksakan kedekatan terutama pada konsumen yang sesungguhnya tidak berpotensi setia. Jaring kesetiaan konsumen dengan cara yang tepat di atas dan jadikan bisnismu sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.