5 Building Blocks Yang Membuat Bisnismu Semakin ‘Sehat’

Perkembangan dunia bisnis digital yang semakin ketat membuat para pebisnis berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan perusahaan. Meskipun telah banyak buku-buku cetak dan artikel di internet yang membahas tentang tips-tips sukses menjadi pebisnis di era digital, namun kenyataannya tips-tips tersebut terkadang tidak sesuai dengan kenyataan yang dialami oleh para pebisnis.

Building blocks merupakan sebuah konsep bisnis yang pada mulanya digagaskan oleh Alexander Osterwalder, seorang pebisnis asal Swiss. Konsep building blocks sendiri berarti bahwa setiap pelaku bisnis harus mampu memiliki pemahaman terhadap gambaran dasar bagaimana sebuah perusahaan membuat, menyampaikan, dan menangkan nilai-nilai yang ada. Konsep ini telah diterapkan dan diuji coba di seluruh dunia serta digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti IBM, Ericsson, Deloitte, dan lainnya. Yuk kenali 5 building blocks yang telah diterapkan oleh banyak pebisnis untuk membuat bisnis semakin sehat.

 

Memuaskan Konsumen Dan Menyelesaikan Masalah Yang Ada

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk membuat bisnis semakin sehat adalah dengan memberikan kepuasan kepada konsumen. Hal ini dapat diciptakan melalui pemberian produk maupun jasa dengan kualitas yang terbaik. Selain itu, kamu juga harus dapat menyelesaikan masalah yang ada agar konsumen merasa puas dengan pelayanan perusahaanmu.

 

Ciptakan Keunikan Produk

Selanjutnya, agar kamu dapat mempertahankan bisnismu ditengah persaingan yang semakin ketat, cobalah untuk menciptakan keunikan produk yang dihasilkan oleh perusahaanmu. Keunikan nilai itu didapatkan dari inovasi serta kreativitasmu sebagai seorang pebisnis. Jika produkmu berbeda dengan produk sejenis lainnya, maka satu per satu konsumen berdatangan menjemput nilai yang dibangun oleh produkmu tersebut.

 

Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Jika kamu ingin membangun sebuah bisnis yang sehat, ada baiknya sebagai pebisnis kamu mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Meskipun hal ini sering terkendala waktu dan aktivitas bisnis lainnya, sebuah perusahaan membutuhkan divisi khusus yang berperan untuk maintaining relationship dengan para konsumennya.

 

Membangun Image Perusahaan

Membangun image perusahaan hendaknya tidak dijadikan prioritas, tetapi tetap harus diperhatikan keberlangsungannya. Banyak pebisnis yang mengalami kegagalan sebab terlalu memikirkan image perusahaan dan berpatokan pada pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan. Coba perhatikan salah satu bisnis yang sedang naik daun di Indonesia, Go-Jek. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi itu sudah berdiri sejak tahun 2010, tetapi baru mendapatkan mangsa pasar yang sangat besar pada tahun 2015. Butuh waktu yang cukup lama dalam membangun image perusahaan. Pastikan kamu tetap bersabar dan mengerjakan hal-hal lain yang dapat mendukung citra perusahaanmu.

 

Memahami Kunci Sumber Daya

Dalam sebuah perusahaan, terdapat lima macam sumber daya yang masing-masing memiliki kontribusi penting terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Pertama adalah sumber daya manusia yang dimiliki suatu perusahaan hendaknya sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam mencapai target yang diinginkan. Selanjutnya, uang, bahan baku, dan mesin juga merupakan kunci sumber daya yang tidak dapat disepelekan keberadaannya karena mempengaruhi kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan. Terakhir, metode kerja adalah sumber daya yang cukup berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan.

 

5 building blocks tadi sudah terbukti ampuh membuat bisnismu semakin sehat. Tunggu apalagi? Yuk mulai menerapkan hal-hal tadi untuk tetap dapat mempertahankan eksistensi bisnismu ditengah persaingan yang semakin ketat. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya Pekku Goers!

 

Tips Pekku:

Mempelajari dunia bisnis tidak hanya terhenti pada teori, tetapi juga pada praktiknya di dunia nyata. 5 building blocks yang yang telah diterapkan oleh banyak pebisnis untuk membuat bisnis semakin sehat diantaranya adalah memberikan kepuasan kepada konsumen serta menyelesaikan permasalahan yang ada. Kemudian kamu dapat menciptakan keunikan produk tersendiri sehingga mudah mencuri perhatian konsumen. Selain itu, mempertahankan hubungan baik dengan konsumen, membangun image perusahaan dan memahami kunci sumber daya juga hal-hal yang wajib dilakukan untuk membuat bisnis semakin sehat.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.