5 Etika yang Harus Kamu Terapkan Saat Berbisnis Online

Saat ini, perkembangan bisnis online sangat pesat, terutama dengan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk meraup keuntungan. Di dalam berbisnis online, ada baiknya jika kamu sebagai pengusaha tetap memegang beberapa prinsip etika agar konsumen merasa nyaman dan aman saat bertransaksi dengan akun bisnismu di Instagram. 

 

Reposting Konten Milik Konsumen

Beberapa bisnis online di Instagram seringkali melakukan reposting dari konten yang telah dipost oleh konsumennya. Hal ini sah-sah saja dilakukan selama kamu sebagai pengusaha telah medapat ijin dari konsumenmu. Ijin tersebut perlu dilakukan karena menyangkut dengan hak milik dari konsumenmu. Jika kamu diposisikan sebagai konsumen lalu melihat hasil karyamu diklaim oleh akun Instagram lain, tentu tidak menyenangkan, bukan? Hal ini juga sudah tertulis dalam persyaratan layanan Instagram yang bisa kamu cek langsung melalui akun di Instagram milikmu.

 

Profil Media Sosial yang Lengkap dan Utuh

Kelengkapan profil akun sosial media yang akan kamu gunakan dalam berbisnis juga sangat penting. Profil tersebut dapat menggambarkan seperti apa perusahaanmu. Semakin lengkap profil akun media sosial tersebut, maka konsumen akan menangkap kesan terpercaya dan memiliki kredibilitas dari bisnismu. Perlu diingat, kesan pertama sangatlah penting dan akan bertahan lama di benak konsumen. 

 

Sopan Santun dalam Konten yang Diposting

Perlu kalian ketahui, beberapa negara memiliki sensitifitas terhadap suatu topik tertentu yang dapat menjadi penyebab perpecahan. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat kamu melakukan posting konten di akun bisnismu di Instagram. Pasalnya, Instagram merupakan salah satu jejaring media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang sangat tinggi. Tentunya kamu tidak ingin bila bisnismu menjadi hancur hanya karena menyinggung sensitifitas tersebut dan ramai diperbincangkan oleh pengguna media sosial Instagram, bukan?

 

Pisahkan Urusan Bisnis dan Personal

Jika kamu memang berkomitmen untuk mempromosikan hingga menjual produkmu dengan akun Instagram, sebaiknya pisahkan akun bisnisnmu dengan akun personalmu. Akun bisnis online juga dituntut untuk terlihat profesional dan memiliki posting yang relevan dengan produk yang kamu jual ke konsumenmu. Selain itu, selalu berusahalah untuk bertindak secara profesional saat menghadapi konsumen yang melontarkan pendapat mereka secara negatif. Bisnis bukanlah urusan pribadi.

 

Jadilah Orisinal!

Di dalam mengembangkan bisnis online, orisinalitas merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Melakukan tindakan plagiat dalam bentuk apapun dengan sengaja akan terlihat sangat tidak profesional. Selalu arahkan fokus bisnismu pada tujuan yang ingin dicapai dan jadikan bisnis online lain yang telah sukses sebagai referensi pembelajaranmu.

 

Bagaimana dengan bisnismu, Pekku Goers? Jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

Tips Pekku:

Instagram merupakan jejaring media sosial yang memiliki tujuan untuk berbagi momen bersama teman-temanmu melalui visual, baik fotografi dan videografi. Jika akun bisnismu terlalu berfokus pada penjualan dan keuntungan, semakin berkurang pula rasa humanitas di dalam akun bisnismu. Usahakan untuk selalu memposisikan akun bisnismu sebagai ‘teman’ bagi konsumenmu sehingga mereka akan lebih menikmati kehadiran kalian.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.