5 Hal Yang Harus di Ketahui Sebelum Membeli Franchise

[IG] 8
Di era yang sudah modern ini, ada begitu banyak inovasi dalam dunia bisnis makanan, salah satunya bisnis makanan franchise. Kata-kata franchise sudah tidak asing lagi didengar dan sudah ada banyak makanan dikemas dengan model franchise. Selain simple, makanan ini mampu memberikan daya tarik tersendiri. Namun, karena kini perkembangan bisnis franchise sangat pesat dan semakin beragam maka sangat wajib bagi kita untuk semakin selektif dalam memilihnya. Kehati-hatian sangat diperlukan disini, karena jika anda salah dalam hal memilih produk franchise dapat berakibat negatif untuk kelangsungan bisnis yang tengah anda geluti. Tentunya anda tidak ingin kegagalan dalam usaha bukan?

Karenanya penting diketahui beberapa hal sebelum kita membeli franchise. Berikut ulasannya:

  1. Memiliki sistem yang kuat
    Mengetahui sistem dari pemilik franchise sangatlah penting. Hal yang harus diketahui meliputi sistem keuangan, sistem promosi dan juga sistem bagi hasil. Dengan demikian kecurangan dalam bisnis ini bisa diantisipasi di awal. Jika ternyata diawal ada perhitungan yang tidak jelas, maka segera saja tinggalkan. Ini berarti bisnis franchise yang anda pilih bukanlah tidak diimbangi dengan keprofesionalitasan kerja. Kalau begini, ujung-ujungnya nanti anda yang akan merugi.
  2. Memberikan inovasi.
    Bagaimana caranya melihat tingkat inovasi sebuah franchise? Perhatikan track recordnya. Tentunya anda tidak ingin membeli produk yang hanya akan tahan selama satu atau dua tahun saja karena yang dijual hanyalah produk yang sama. Dengan kata lain, anda harus mampu membuat bisnis anda jadi makin berkembang dengan inovasi yang mampu mengikuti perkembangan zaman.
  3. Memberikan training
    Jangan sepelekan fasilitas training pada perusahaan franchise. Ketika anda sudah menjalankan bisnis ini, maka training akan sangatlah dibutuhkan. Apapun jenisnya dan berapapun lamanya, franchise tetaplah hal baru karena didalamnya nanti pasti akan ada inovasi untuk produk dan juga akan ada beberapa kendala dalam proses pembuatan ataupun pemasaran. Nah, inilah alasan yang membuat training penting.
  4. Pilih franchise yang sehat.
    Dalam hal bisnis makanan, kesehatan dan kebersihan pengolahan adalah poin yang paling penting. Meskipun semua franchise memang sehat, terutama saat dilihat dari luarnya, anda harus benar-benar mencari tahu klien yang lain pula dan carilah informasi mengenai franchise yang anda pilih. Ingat, dijaman sekarang ini orang-orang mulai memperhatikan kesehatan, jadi pilihlah bisnis makanan yang sehat agar bisa bertahan lama.
  5. Perhitungkan brand-nya
    Jangan memburu barang yang memiliki harga murah saja. Kebanyakan franchise yang memiliki brand besar memiliki kualitas yang bagus. Jadi jangan kaget jika ini akan membuat anda merogoh koceh agak dalam. Selain itu jika dilihat dari peluangnya, kini banyak orang lebih percaya terhadap brand besar, kemungkinan ini karena faktor kualitas dan juga kesehatan. Jadi sebelum menentukan pilihan, pastikan untuk mengetahui seluk beluk dari brand tersebut. Jika memang anda melihat brand yang akan dipilih terkenal atau mungkin memiliki prospek yang bagus, kenapa tidak. Dan biasanya, sebuah brand yang mempunyai prospek bagus, mereka akan mempunyai keempat hal lain diatas.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.