5 Konsep Dasar Web Design

Apa sih konsep-konsep dasar pembuatan website? Mungkin ada diantara Pekku Goers yang masih belum jelas tentang konsep dasar pembuatan website. Belum lagi, konsep-konsep tersebut beragam menurut tiap individual. Berbeda dengan pembuatan instant website di Pekku, kamu hanya perlu memahami 5 konsep dasar. Berikut adalah penjelasannya:

1. DAPAT DIGUNAKAN (USABILITY)

Pernah gak masuk ke sebuah website terus bingung mau ngapain? Nah, hal tersebut adalah user experience dari web usability.Usability adalah sebagai suatu pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi atau situs web sampai pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah dan cepat. Memperhatikan usability sangatlah penting agar sebuah situs dapat bertahan. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang yang sangat besar untuk sering dikunjungi oleh para pengguna internet. Jadi, jangan mengorbankan aspek usability ketika mendesain website kamu loh ya.

2. NAVIGASI (NAVIGATION)

Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user dapat menuju ke halaman-halaman lain dalam website kamu. Sebuah web yang akan di bangun harus memiliki konsep, yaitu garis besar navigasi dari sebuah website yang akan dibuat. Nama Menu navigasi harus jelas dan singkat dan harus mampu memberikan petunjuk yang jelas dan singkat. Nama menu mewakili isi konten. Gunakan istilah-istilah yang umum, singkat, dan mudah dipahami seperti Home, About Us, Services, Products, News, Articles, Contact Us. Untuk kamu yang masih beginner, pekku.com sudah punya template yg siap dengan nama menu, jadi kamu gak usah ribet desain website dari nol. Keren kan?

3. Grafik

Grafik atau image merupakan elemen yang dapat membantu menjelaskan informasi agar pengunjung dapat memahami tujuan/bidang fokus website anda. Grafik/gambar dalam sebuah website dapat memberikan efek visual yang luar biasa terhadap website, tapi bisa menambah waktu koneksi karena banyaknya gambar yang ditampilkan. Jadi, Tambahkan grafik seperlunya karena bisa menambah waktu ketika pengguna mendownload artikel yang diinginkan. Lagian, sekarang kan lagi ngetrend yang simple-simple nih karena tampilan yang simpel memberikan kesan profesional. Jadi, yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran image & pesan yang ingin kamu sampaikan lewat foto.

4. Kesedehanaan

Ada yang sudah tau apa itu flat design? Flat design adalah gambar yang didesain ala kadarnya. Didalam flat design sudah tidak menggunakan lagi efek-efek 3 dimensi, bevel, emboss, shadow, dan efek-efek gradasi lainnya. Gambar dibuat sesimple mungkin tanpa adanya efek-efek lain karena yang diutamakan di dalam flat design adalah typography. Contohnya Google, baru-baru ini logo baru Google yang telah berubah total desainnya. Logo baru Google tampil sangat sederhana tanpa menggunakan efek-efek gradasi lagi seperti bevel dan emboss. Logo baru Google sudah menggunakan desain flat sehingga tampilannya sangat simple dan jika diload sangat ringan. Nah, ngomong soal flat design, Pekku.com juga sudah mendukung fitur flat design loh. Bahkan dalam membuat gambar flat design, Anda bisa mencoba mempraktekkannya langsung di pekku.com

5. Konsep Penulisan

Website harus mudah dibaca dan dikunjungi. Tidak semua yang ditulis akan dibaca oleh pengunjung dan tidak semua pengunjung akan membaca semuanya. Pada kenyataannya pengunjung hanya membaca sesuatu yang menarik untuk mereka. Kesederhanaan merupakan hal penting dalam men-design web agar kelihatan profesional. Sederhana bukan dalam arti tampilan website kamu, namun lebih mengarah ke teknik penulisan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konsep kesederhanaan tetap dipertahankan, yaitu:

i) Gunakan Heading dan Sub Heading untuk memisahkan bagian teks.
ii) Gunakan ruang kosong dengan warna putih secara bijaksana.
iii) Pastikan kamu memiliki tidak lebih 12 kata dalam setiap barisnya.
iv) Tulislah isi secara singkat, bukan karangan.
v) Sorot (highlight) kata-kata yang penting.
vi) Gunakan warna latar belakang pucat (terang) jika menggunakan teks utama dengan warna gelap.

Proses mendesain website bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi jika harus mendesainnya dari awal. kebanyakan orang sudah mengetahui apa yang mereka inginkan dalam website mereka, tapi mereka masih membutuhkan web developer untuk proses pembuatan website sedangkan sudah banyak orang lain yang bisa membuat website mereka sendiri. Nah, dengan pekku.com, kami memudahkan segalanya untuk semua orang bahkan untuk kamu yang gak tau apa-apa soal pembuatan website.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.