5 Peluang Bisnis Bidang Kreatif Yang Menguntungkan

Peluang bisnis bidang kreatif ternyata mulai banyak dirintis oleh para pebisnis muda yang berjiwa kreatif dan inovatif. Di Indonesia sendiri bisnis bidang kreatif juga terbukti bisa memberikan keuntungan besar bagi para pelakunya. Pasalnya tidak semua orang bisa menjalankan bisnis bidang kreatif dengan baik. Ide-ide baru dan menarik dari para tim kreatif dalam bisnis bidang ini tentu menjadi kunci utama mencapai kesuksesan. Berikut ini 5 peluang bisnis bidang kreatif yang bisa menginspirasi Pekku Goers semua untuk mendapat keuntungan dan kesuksesan.

 

 

Handmade Accessories

Aksesoris buatan tangan adalah peluang bisnis bidang kreatif yang tergolong paling mudah untuk dijalankan. Kamu bisa membuat tas, dompet, gelang, maupun kalung dengan mengaplikasikan ide-ide kreatifmu. Mulai dari pemilihan bahan, motif, corak dan warna semua tergantung pada kreatifitasmu sebagai pelaku bisnis. Sesuaikan juga aksesoris-aksesoris tadi dengan trend yang berkembang di kalangan masyarakat luas supaya produk yang kamu tawarkan pun menarik minat para pembeli. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mempromosikan bisnis bidang kreatifmu. Semakin aktif kamu memanfaatkan media sosial maka peluangmu untuk mendapatkan banyak pelanggan pun akan terbuka lebar.

 

Interior Design

Kebutuhan masyarakat akan tempat hangout belakangan ini memang sedang meningkat tajam. Tak heran jika banyak pebisnis yang banting setir memulai bisnis bidang kuliner, alih-alih meraup banyak untung namun mereka justru harus menghadapi persaingan pasar yang kian lama kian sulit. Tempat hangout yang banyak dipilih pengunjung bukan hanya yang menawarkan menu-menu lezat dengan harga terjangkau, tetapi juga desain ruangan yang menarik untuk dijadikan spot foto mereka. Kesempatan seperti ini yang harus kamu manfaatkan dengan baik. Memulai bisnis bidang kreatif dengan menyediakan desain interior yang apik dan menarik untuk rumah, restaurant, kafe maupun coffee shop patut dicoba. Pastikan kalau kamu banyak membaca referensi desain interior untuk mendapatkan banyak inspirasi.

 

Broadcasting

Pekku Goers, sebagai orang yang hidup di zaman digital tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah broadcasting. Peluang bisnis broadcasting boleh kamu coba untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan siaran televisi maupun radio yang mengedukasi sekaligus menghibur. Kalau memang modal yang dimiliki tidak terlalu besar, jangan terburu-buru menciptakan suatu stasiun televisi besar. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti memanfaatkan Youtube Channel untuk membuat program siaranmu sendiri. Jangan ragu untuk belajar dari Youtubers lainnya yang sudah lebih dulu sukses.

Kamu juga dapat mempelajari dunia vlogging di artikel Pekku sebelumnya:

Bagi kamu para pemula, ikuti 5 tips di bawah ini agar video blogging lebih menarik

 

Media Start Up

Bisnis media start up merupakan salah satu terobosan dalam dunia teknologi yang cukup kreatif dimana kamu bisa mengembangkan ide-ide menarik dan mengemasnya menjadi sebuah produk yang dapat digunakan oleh masyarakat seluruh dunia. Seperti salah satu media startup Indonesia yang sedang menduduki puncak kesuksesan adalah Tokopedia. Tokopedia mampu memberikan tempat baik bagi para penjual maupun pembeli untuk melakukan aktifitas jual-beli dalam pengelolaan yang sangat baik. Media start up bisa memberikan solusi serta presentasi dari suatu hal yang belum diimprovisasi. Peluang bisnis bidang kreatif yang satu ini memang bukan hal yang mudah. Bisnis kreatif yang satu ini menuntut kamu untuk bersifat lebih kreatif dalam mencari ide baru yang mampu memecahkan masalah melalui sumber daya teknologi. Kamu pun bisa melakukan inovasi terkait teknologi yang sudah dikembangkan oleh start up lain untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan dari layanan atau produk dari start up yang telah ada.

 

Copywriting

Dalam dunia bisnis online, seorang copywriter memiliki kedudukan yang sama dengan seorang salesman yang bertugas untuk memasarkan sebuah produk. Copywriter mampu mempengaruhi minat calon pelanggan hanya dengan persuasi kalimat-kalimat yang efektif dan menggunakan gaya bahasa ramah. Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki tenaga ahli dalam bidang penulisan. Hal ini tentu membuka sebuah peluang bisnis bidang kreatif yang bisa memberikan keuntungan bagi kamu yang memiliki kemampuan menulis dengan baik. Mulai dari struktur penulisan, pemilihan bahasa, hingga pertimbangan dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Bisnis bidang kreatif yang satu ini tentu belum memiliki banyak pesaing, sehingga kalian dapat menawarkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain yang belum memiliki copywriter.

 

Apakah kamu berani mencobanya?

 

Tips Pekku:

Ada banyak peluang bisnis bidang kreatif yang bisa kamu pilih, mulai dari handmade accessories, interior design,  broadcasting, media startup, hingga copywriting. Sebaiknya kamu benar-benar jelih dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada di dekatmu. Bisa jadi salah satu diantara 5 peluang bisnis bidang kreatif tadi memang benar-benar bisa memberimu keuntungan. Selamat mencoba, ya!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.