5 Tips Video Marketing untuk Melengkapi Strategi Online Marketing Kamu

Video marketing adalah salah satu bentuk online marketing yang sering diabaikan. Beberapa pelaku bisnis secara tegas memang mengabaikan dan beberapa yang lain merasa hal ini rumit dan merepotkan. Namun, membuat video marketing tidaklah serumit yang dibayangkan. Dengan budget minim saja, bisnis apapun bisa membuat video untuk mempromosikan produk atau jasanya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu membuat video marketing yang baik dan efektif.

1. Posting di YouTube
Saat membicarakan video marketing, maka tempat pertama untuk memulainya yaitu di YouTube, sebagai website sharing video paling populer di dunia. Pertama, kamu harus membuat channel kamu di YouTube dimana nantinya kamu bisa memposting video-video disitu. Pastikan di channel tersebut menggunakan nama, logo, warna, serta merek produk kamu agar dikenali orang. Tuliskan juga deskripsi channel yang menarik sehingga orang tertarik untuk melihat video kamu, tambahkan juga beberapa keyword yang relevan dengan bidang usaha kamu agar memudahkan pencarian di Google. Jika video kamu dioptimalkan dengan benar, Google akan memunculkan video kamu di suggestion sehingga website kamu juga bisa ikut terkenal.

2. Tuliskan judul yang menarik
Judul tidak hanya penting untuk halaman website kamu, tetapi juga untuk video marketing kamu. Judul yang menarik tidak hanya akan menarik audiens kamu tetapi juga akan menaikkan peringkat video kamu di Google. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk memikirkan judul yang deskriptif serta kreatif. Pastikan judul mencakup frase kata kunci yang relevanyang muncul di halaman depan. Kamu juga bisa menambahkan nomor telepon dalam judul untuk memungkinkan pelanggan menghubungi kamu bahkan tanpa harus menonton video sampai habis.

3. Sertakan link ke website kamu
Setelah menonton video kamu, banyak orang akan membutuhkan rincian lebih lanjut sebelum mereka membeli produk atau jasa. Oleh karena itu sangat penting untuk menyertakan link ke website dalam deskripsi video kamu. Ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan. Selain itu, mengarahkan lalu lintas ke website kamu juga kemungkinan akan meningkatkan peringkatnya di search engine. Jangan lupa untuk juga menambahkan kutipan ke deskripsi kamu. Kutipan harus mencantumkan nama bisnis kamu, nomor telepon dan alamat seperti yang ditampilkan dalam semua profil online lainnya.

4. Backlink ke video kamu
Backlink sangat penting bagi video kamu terutama yang memiliki link langsung ke halaman web. Membuat link balik ke video kamu dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan peringkat mereka di search engine. Oleh karena itu, setiap kali kamu menulis posting blog dan artikel, pastikan untuk memasukkan link ke video yang relevan. Namun, fokus kamu tidak harus pada kuantitas tetapi kualitas. Pastikan link kamu muncul di website yang kredibel dan baik secara peringkat. Selain itu, ingatlah untuk berbagi link ke video kamu dalam berbagai jaringan media sosial.

5. Self-hosting video kamu
Selain kamu membuat hosting video di YouTube, kamu bisa mempertimbangkan hosting video secara langsung di website kamu sendiri. Keuntungannya, ketika video kamu muncul dalam hasil search engine, link akan mengarahkan pengguna ke website kamu, dan bukan ke YouTube. Self-hosting video kamu juga memungkinkan kamu untuk menarik pengunjung lebih efektif. Karena tidak ada video lain yang bersaing untuk menarik perhatian mereka, maka akan lebih mudah untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.