6 Ide Bisnis yang Bisa Dimulai dari Hobi

Siapa bilang hobi sehari-hari yang dianggap sepele hanya membuang-buang waktu saja?!. Hal yang demikian tentu tidak berlaku bagi orang-orang yang inovatif dan mau berusaha karena peluang meraup keuntungan bisa datang dari mana saja, termasuk dari hobi yang sepele.

Yang terpenting adalah kita harus benar-benar menguasai hobi yang kita jalani dan lihat apakah bisnis tersebut memiliki prospek di lingkungan sekitar kita. Nah, berikut ini adalah beberapa hobi yang dianggap sepele namun ternyata bisa dijadikan ajang bisnis atau usaha.

1. Hobi musik
Bermain musik bukanlah hal yang buruk, namun sering dipandang sepele dan menghabiskan uang saja. Setiap hari bermain musik, tapi tak kunjung menjadi musisi terkenal. Namun, jika bisa melihat peluang, dunia musik ternyata bisa dijadikan ajang bisnis bukan hanya ajang menghambur-hamburkan uang.
Tidak perlu menyesal apabila tak kunjung menjadi musisi terkenal, karena lewat musik kamu bisa jadi wirausahawan seperti membuka studio musik untuk disewakan, penyewaan alat musik atau bahkan membuka event organizer khusus konser musik.

2. Hobi olahraga
Untuk membuka studio musik kamu tidak harus pintar bermain musik, namun setidaknya mengerti. Ini juga hampir sama dengan hobi olahraga dimana kalian harus menguasai olahraga, khususnya salah satu cabang tertentu untuk dikelola menjadi bisnis menguntungkan. Sebagai contoh kamu rajin fitness dan sudah memiliki tubuh berotot kekar maka kamu sudah cocok untuk membuka gym atau tempat fitness. Jika tidak, kamu dapat bekerja sebagai seorang instruktur fitness melalui hobi tersebut. Bahkan untuk cabang olahraga populer lain seperti sepakbola, jika tidak bisa menjadi pesepakbola professional setidaknya kamu bisa membuka klub atau pelatihan anak-anak maupun berbisnis alat serta pakaian sepakbola.

3. Hobi Fotografi
Memotret adalah sebuah hobi yang menyenangkan sekaligus sedang ‘nge-trend’ saat ini. Hal ini karena banyak hadir kamera teknologi digital yang mudah dipakai dan lebih cepat memproses hasil jadinya dibanding kamera film. Jangan hanya dijadikan hobi yang memboroskan saja, segera jadikan hobi memoret untuk ajang bisnis.
Mungkin sebagai awal kamu bisa menjadi fotografer panggilan di berbagai acara seperti hajatan, foto pre-wedding, atau event-event lainnya. Kemudian kamu bisa membuka studio foto professional untuk berbagai layanan. Hobi memotret juga dapat menjadi langkah awal menjadi seorang wartawan. Tidak hanya itu saja, saat ini ada berbagai situs yang mau membeli foto-foto. Kamu bisa menjual karya foto-foto kamu yang unik dengan harga Dollar.

4. Hobi Gadget
Apakah kamu hobi gonta-ganti gadget?. Dari hobi ini kamu akan memahami berbagai spesifikasi, keunggulan, kekurangan atau permasalahan sebuah gadget. Dari hobi ini sepertinya bisa dimanfaatkan sebagai ajang jual-beli untuk meraih keuntungan. Atau bahkan jika kamu memiliki skill lain seperti perbaikan dan upgrade sistem operasi, bisa juga dimanfaatkan sebagai ajang bisnis sampingan. Pada akhirnya kamu dapat membuka counter gadget, baik jual beli maupun jasa service.

5. Hobi otomotif
Selain musik, dunia otomotif ternyata masih menjadi dunia yang sangat menarik bagi kaum muda-mudi. Melalui hobi otomotif ternyata dapat dimanfaatkan untuk meraih keuntungan. Sebagai contoh, jika kamu hobi bongkar sepeda motor atau modifikasi, ini akan menjadi modal awal kamu sebagai ahli modifikasi maupun mekanik handal. Tentu, banyak sekali mekanik handal yang berawal dari hobi membongkar dan praktek perbaikan kendaraan sendiri.

6. Hobi online
Jika hobi kamu online atau banyak menghabiskan waktu luang di dunia maya, ada banyak ajang bisnis disana. Mulai dari jual beli barang-barang via internet, menjadi blogger atau pengelola website dengan penghasilan dari Google Adsense atau bahkan bisnis Forex maupun MLM online. Cukup dengan membuat website sendiri, kamu bisa segera memulai hobi online kamu menjadi bisnis.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.