6 Karakter yang harus dimiliki Sebuah tim Kerja

[Cover Blog] 46

Apapun dan dimanapun pekerjaannya pastinya anda akan menjadi atau bahkan memiliki tim kerja. Dalam bisnis nantinya kita akan dihadapkan pada tugas individu dan juga tugas yang harus dikerjakan bersama-sama karena membutuhkan kecerdasan ataupun kemampuan orang lain. Namun, memiliki sebuah tim bukanlah pekerjaan yang gampang, dilain pihak, tim justru mampu menimbulkan tantangan. Sebagaimana yang kita tahu, menyatukan pikiran banyak orang adalah hal yang sulit. Sudah menjadi hal yang umum jika cara kerja dan pemikiran kita bertolak belakang dengan tim kita, namun yang pasti apapun itu sebuah tim tetap harus memiliki 1 hasil kerja dan 1 tujuan.

Bukan hal yang tabu jika dalam tim sering terjadi kondisi saling menyalahkan dan menjatuhkan untuk mencapai sebuah target, namun kerjasama dan kekompakan tetap harus dimiliki meskipun perbedaan cukup kentara. Nah, berikut ini ada beberapa karakteristik yang luar biasa dan harus dimiliki oleh setiap tim kerja.

  1. Visi yang sama
    Setiap orang memiliki visi dan misi agar masing-masing dari mereka bisa berkembang. Sama halnya dengan sebuah tim. Memiliki visi antar anggota tim akan mempermudah jalan menuju target. Sebuah tim tanpa visi yang sama tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
  2. Saling mendukung
    Dalam sebuah tim, dukungan menjadi salah satu hal yang penting tidak hanya untuk menguatkan kinerja namun juga untuk pencapaian target. Dalam sebuah tim, kita tidak hanya bekerja sendiri sehingga siapapun yang mempunyai kesulitan dalam tim harus saling mendukung dan menguatkan agar kesolidan dalam tim bisa tetap terjaga.
  3. Saling menghormati
    Komunikasi yang baik dan saling menghormati akan membuat solidaritas dalam tim semakin kuat. Sebuah tim bisnis membutuhkan hal ini agar bisa bekerja dengan baik. Nah, komunikasipun juga harus dijaga meskipun tidak bisa bertatap muka, bisa juga dilakukan lewat chating, dll.
  4. Pandangan yang positif
    Dengan pandangan yang realistis dan positif, sebuah tim bisnis bisa mengkalkulasikan dan sadar kiranya apa saja yang bisa mereka lakukan. Kegagalan bisa saja terjadi, namun sebuah tim yang baik tidak akan membiarkan kegagalan membuat mereka terpuruk. Justru dengan kegagalan ini maka semakin terpicu untuk melakukan perubahan dan bangkit.
  5. Saling memuji
    Tim yang baik dan solid maka tidak akan ragu untuk saling mengakui kinerja masing-masing anggota. Setiap anggota dalam tim pastinya memiliki sebuah target yang harus dicapai sehingga mereka setiap pencapaian target harus di berikan penghargaan, meskipun itu hanya sekedar pujian.
  6. Berani mengambil resiko
    Resiko sudah menjadi sebuah hal yang wajib ketika kamu ingin berbisnis hanya saja dibutuhkan perhitungan yang tepat untuk hal ini. Sebuah tim yang solid tidak akan pernah takut untuk mengambil resiko demi perubahan yang lebih baik. Umumnya mereka tidak akan kunjung puas dengan apa yang telah dicapai sehingga mereka akan lebih proaktif untuk melakukan kerja.

Sebuah tim akan berjalan dengan maksimal, solid dan mencapai target jika keenam karakteristik itu dimiliki. Nah, sudahkan tim yang kamu miliki memiliki beberapa karakteristik diatas?

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.