6 Tempat Inspiratif Mencari Ide Bisnis

[IG] 14
Ide bisnis terkadang tidak akan muncul dengan begitu mudahnya. Banyak hal yang harus dilakukan untuk memancing ide bisnis yang benar-benar brilian. Untuk mendapatkan ide yang benar-benar pas, setiap orang memiliki cara tersendiri. Ada tipe orang dengan mudah mendapatkan ide bisnis ditempat yang hening,ada juga yang suka berkonsultasi dengan pebisnis lain, ada yang membaca, ada pula yang suka berjalan dikeramaian untuk menemukan sebuah ide bisnis. Namun, harus kita sadari bahwa untuk mendatangkan ide bisnis, kita harus berada di tempat yang tepat. Di tempat-tempat inilah nantinya kita akan mudah mendapatkan berbagai ide. Dan untuk memaksimalkan ide bisnis itu kombinasikanlah dengan cara dan gaya berfikir anda.

Ingin tahu tempat mana sajakah itu? Cek langsung 6 tempat inspiratif untuk mendapatkan ide bisnis dibawah ini:

  1. Datangi komunitas bisnis.
    Lingkungan tempat anda berada kan sangat mempengaruhi anda. Untuk itu penting untuk memilih lingkungan atau komunitas sesuai dengan apa yang akan digeluti. Jika menginginkan terjun ke dunia bisnis pastikan mencari lingkungan yang tepat yang mampu membawa kepada apa yang akan anda tuju. Pastikan selalu mencari komunitas pebisnis supaya bisa dengan mudah mendapatkan ide bisnis yang tepat. Selain itu dengan berada di komunitas bisnis, kita akan lebih mudah mendapat suntikan semangat dalam berbisnis.
  2. Lingkungan rumah
    Lingkungan sekitar rumah mampu memberikan ide bisnis yang bagus. Luangkan waktu untuk mengamati bisnis apa saja yang ada disekitar lingkungan rumah. Ada begitu banyak bisnis yang mampu bertahan dan tetap eksis meski sudah bertahun-tahun. Misalnya saja bengkel, toko sembako, toko gas LPG dan lain sebagainya. Amati dan tirulah prinsip dari para pebisnis sukses di sekitaran rumah dan Modifikasi bisnis tersebut. Cara ini dalam dunia bisnis dikenal dengan sebutan ATM (Amati, Tirukan, Modifikasi). Prinsip yang berasal dari Cina ini mengajarkan untuk berfikir kreatif menciptakan ide bisnis yang bagus dan pastinya lebih inovatif.
  3. Lingkungan Kantor
    Ide bisnis juga bisa saja datang saat bekerja di kantor. Ide bisnis akan muncul ketika anda mempelajari kebiasaan karyawan. Pahami yang menjadi kebutuhan mereka setiap harinya, pahami kesulitan, dan juga peluang dari usaha/pekerjaan yang dikerjakan. Seringlah mengobrol dan juga melihat detail dari apa yang dipikirkan teman kantor. Terkadang ide bisnis itu dekat dan muncul dari sebuah hal yang kecil, namun anggap saja dia belum nampak. Nah, karena itulah penting bagi anda untuk memperhatikan sekitar.
  4. Tempat perbelanjaan
    Di tempat perbelanjaan akan ada banyak orang yang sibuk mencari barang belanjaan mereka. Ditempat ini, pasti ada begitu banyak barang dan produk yang dijual di tempat perbelanjaan. Sebagai seorang yang kreatif dan inovatif, ini bisa menjadi sebuah ladang ide bisnis yang sangat luas. Tidak hanya berkutat lewat produk yang dijual, tapi juga kepada ketertarikan masyarakat terhadap barang yang sedang tren dimasa kini. Nah, tempat perbelanjaan adalah tempat yang paling unik dan asyik. Meskipun kadang sempat pusing melihat banyak orang yang lalu lalang, namun jika anda memahami, disinilah salah satu tempat yang paling baik untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian.
  5. Sekolah.
    Saat berada di sekolahan, ide bisnis bisa saja muncul dengan sendirinya. Ditempat ini nantinya aka nada banyak orang yang bertemu dan saling bertukar informasi, bisa orang tua atau wali murid hingga siswa sendiri. Semuanya bisa menjadi sebuah sasaran yang asyik dan unik untuk mendapatkan sebuah ide bisnis yang brilian.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.