7 Cara Membuat Desain Website yang Efektif

Memang benar bahwa tidak ada metode yang mudah untuk mengembangkan kerangka kerja yang sempurna dan sesuai untuk setiap website. Berdasarkan tujuan dari situs, desain dan pengembangan harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat dan sempurna dalam hal tata letak, tema, warna, SEO, konten, dan navigasi. Sebuah website yang efektif secara visual harus mampu membuat pengunjung terkesan dan memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang user-friendly. Ada unsur-unsur tertentu, yang harus dipertimbangkan oleh desainer atau programmer ketika mengembangkan sebuah website untuk membuatnya sangat efektif. Berikut ini adalah tips yang dapat kamu coba untuk membuat desain website yang efektif.

Tata letak yang baik adalah hal yang penting
Tata letak harus menarik, tetapi pada saat yang sama harus sederhana dan efektif. Namun, ini bukan merupakan tempat di mana kamu menguji kemampuan kamu dalam merancang high-end design dengan membuatnya rumit atau menantang. Pikirkan dari sudut pandang pengunjung bahwa tata letak harus mendukung navigasi yang cepat dan link harus mudah terlihat oleh pengunjung.

Gunakan skema warna yang tepat
Tujuan dari pembuatan situs web yang efektif adalah untuk melayani pengunjung dengan cara sebaik mungkin. Jadi, jangan memilih skema warna hanya berdasarkan selera kamu saja tetapi cobalah untuk menggunakan skema warna yang akan disukai oleh target audiens.

Memiliki konten efektif
Terlepas dari desain dan tampilan dari sebuah situs web, konten adalah yang utama. Konten yang layak dan menarik pasti akan mendapatkan kepercayaan dan ketertarikan dari para pengunjung. Waktu yang kamu gunakan untuk mengembangkan konten dapat membawa situs kamu semakin terkenal.

Gunakan grafis yang cocok
Kamu harus selalu memastikan untuk menggunakan grafis yang cocok berdasarkan tema dan tujuan dari situs yang dibuat. Jangan membuatnya terlalu standar dan juga tidak berlebihan sehingga membingungkan dan membuat pengunjung menjadi tidak nyaman.

Carilah inspirasi desain
Ini tidak berarti bahwa kamu harus meniru keseluruhan desain website lain. Tetapi jika kamu menemukan interface atau gaya navigasi yang menarik dan inovatif, kamu dapat menggunakannya dalam situs buatan kamu untuk memenuhi tujuan situs tersebut.

Mempertahankan whitespace
Jangan merasa tidak nyaman dalam menempatkan ruang kosong dalam desain antara elemen. Beberapa desainer cenderung untuk mengisi ruang kosong dengan lebih banyak elemen, tapi ini akhirnya akan memberikan tampilan yang penuh sesak dan berantakan pada situs, dimana sebagian besar pengunjung akan merasa bingung.

Gunakan font yang tepat
Pemilihan font adalah hal yang sangat penting. Setiap font mencerminkan suasana yang unik dan sesuai mood situs kamu. Contoh, kamu tidak seharusnya menggunakan font Comic Sans yang fancy untuk konten pada situs corporate.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.