7 Kesalahan Fatal Pembuatan Website – 1

Membuat website penuh lika-liku dan dinamika, bahkan pendapat designer web pun terbagi 2. Ada yang berkata design website harus mengikuti trend yang sedang in, ada juga yang berpendapat bahwa desain bukanlah penentu, asal website tersebut bekerja dengan baik dan mampu menfasilitasi user. Pendapat yang berseberangan tersebut tidak ada yang salah, hanya akan lebih tepat diterapkan tergantung dari bidang usahamu. Namun, apapun pendapatnya yang perlu diperhatikan adalah 7 kesalahan FATAL dalam mendesain website yang WAJIB kamu ketahui.

Kesalahan Pertama: Font terlalu KECIL

Kesalahan ini berakar dari pembuatan website jaman jadul yang menggunakan font kecil, sekitar size 12, dan standard ini masih sering dibawa hingga masa kini. Padalah size 12 sesungguhnya terlalu kecil untuk membaca media online. Font yang mudah dibaca saat ini minimum size 14 atau bahkan 18, terutama untuk website yang memuat banyak konten tulisan. Saat memilih font, ingatlah bahwa size berapapun tidak selalu menghasilkan besar ukuran font yang sama pada font type yang berbeda.

 

Kesalahan Kedua: Desain yang Terlalu Ramai

Desain yang terlalu berlebihan akan membingungkan pengunjung website kamu akan konten yang diterima. Alih-alih mendapatkan informasi secara lengkap dan menyeluruh, pengunjung justru akan kesulitan untuk menangkap informasi penting dari website kamu dan bisa jadi membuat user pergi. Desain website kamu agar tampil bersih dan memiliki space yang cukup besar agar informasi tidak saling berhimpitan. Konten yang disaring akan memberikan hasil yang lebih oke.

 

Kesalahan Ketiga: Slide yang Bergerak

Percaya atau tidak, slide yang bergerak ternyata memiliki potensi SANGAT KECIL untuk diklik. Teori dibalik fakta mengejutkan ini menyatakan bahwa slide yang bergerak dirasa mirip dengan kolom iklan pada sidebar. User telah terbiasa dengan iklan-iklan yang bertebaran di sidebar web dan cenderung tidak menghiraukannya. Kalau kamu masih ingin menggunakan slide yang bergerak, diskusikanlah dulu dengan tim apakah metode slide yang bergerak ini adalah cara yang paling mudah untuk menyampaikan informasi usahamu atau tidak.

Simak selalu update Blog dan Media Sosial Pekku untuk 4 kesalahan mendesain website lainnya. Kalau orang lain terlanjur salah mendesain, kamu tidak boleh ikut salah desain setelah dapat tips dari Pekku ya.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Satu Komentar

Tulis komentar
  • sangat membantu sekali untuk saya yang masih sangat newbie.
    izin copas ya buat pengingat biar gak kaya gini ” Kalau orang lain terlanjur salah mendesain, kamu tidak boleh ikut salah desain setelah dapat tips dari Pekku ya”
    hehe :) -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.