7 Kesalahan Fatal Pembuatan Website – bagian 2

Memang membuat website tidak semudah yang dilihat, perlu konsep dan perencanaan yang jelas. Kita juga perlu tahu mengenai tren yang terbaru atau selera user. Namun, apapun pendapatnya yang perlu diperhatikan adalah 7 kesalahan FATAL dalam mendesain website yang WAJIB kamu ketahui, bagian kedua.

Kesalahan Keempat: Kontras yang KURANG Kontras

Ukuran dan pemilihan font sudah tepat, namun kamu lupa menyeting kontras. Ada istilah “low contrast” dimana warna font sama terang atau sama gelap dengan warna background. Hasilnya? Tulisannya susah dibaca. Yang benar, jika warna tulisan terang, backgroundnya berwarna gelap, begitu pula sebaliknya. Alternatifnya, kamu bisa mencoba font warna putih pada background berwarna atau hitam. Pewarnaan seperti ini cocok untuk bagian website yang tidak mencolok dan bersifat menonjolkan bagian lain di dekatnya. Bisa juga kamu pakai pada bagian website yang tidak menekankan untuk dibaca.

 

Kesalahan Kelima: Website Tidak Interaktif

Website yang menarik mampu membawa pengunjung mendapatkan pengalaman menjelajah yang mengesankan. Agar pengunjung websitemu tertarik, tentunya kamu harus menyediakan website yang interaktif. Kesan interaktif dapat diperoleh dengan menambah gambar atau video yang menarik, juga dengan menambahkan animasi serta efek hover pada tombol menu. Pastikan kualitas gambar atau file yang kamu gunakan pada websitemu tidak pecah sehingga menyenangkan pengunjungmu.

 

Kesalahan Keenam: Website Kamu Super Lambat

Boleh-boleh saja apabila kamu menambahkan video dan gambar pada websitemu agar tampil makin menarik, namun perhatikan juga apakah file yang kamu tambahkan itu memperlambat kecepatan loading websitemu? Apabila benar, kamu dalam masalah besar karena pengunjung tidak akan betah berlama-lama pada website yang tidak kunjung memunculkan konten mereka. Cek lagi besar dari file video, gambar, maupun audio yang kamu pasang dan pastikan kamu telah mengecilkan dan menyimpan kontenmu menjadi file yang lebih sesuai untuk website.

 

Kesalahan Ketujuh: Konten Kurang Menarik

Font sudah oke, tingkat kekontrasan juga oke, website juga didesain agar interaktif, tapi kenapa jumlah pengunjung websitenya masih sedikit ya? Coba dicek deh apakah konten kamu sudah menarik? Konten yang kamu bagikan tentunya harus memiliki jawaban akan rasa penasaran pengunjungmu. 10 detik pertama adalah waktu yang sangat krusial untuk menentukan apakah pengunjung akan keluar atau melihat lebih lanjut  isi websitemu. Jadi pastikan konten website menarik dan disuguhkan secara singkat dan jelas karena konten yang berbelit-belit akan mengusir pengunjungmu.

Setelah tahu tips dari Pekku kamu tentu bisa membuat websitemu menjadi menarik. Selamat berkreasi dengan websitemu!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

3 Komentar

Tulis komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.