7 Kesalahan Penggunaan Media Sosial dan Solusinya

[Cover Blog] 29

Jaman sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan media sosial. Bahkan sekarang ini media sosial menjadi sebuah hal yang sangat amat sangat akrab dibandingkan dengan kawan sendiri. Media sosial diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan melakukan pemasaran. Namun dengan banyaknya media sosial yang ada saat ini ternyata juga menimbulkan banyak perbedaan antara nama dan tujuan. Bagi beberapa orang yang tidak terlalu mengetahui hal ini bisa berakibat pada kesalahan proses pemasaran bahkan nantinya bisa mengalami kerugian pada bisnis yang dijalankan.

Lalu apa tanda bahwa kita melakukan kesalahan pada media sosial? Inilah yang akan kita bahas pada postingan kali ini:

  1. Jarang update
    Kesalahan pertama bagi para pebisnis yaitu jarang update. Seorang pebisnis yang ingin mendekatkan diri dengan pelanggannya haruslah selalu update. Media sosial memiliki kriteria yang sangat cocok dengan pemasaran sehingga kita juga harus memanfaatkannya dengan maksimal.
    Sekarang coba anda bayangkan bagaimana bisa para pengguna media sosial mengikuti kita jika mereka jarang menemukan update info terkini dalam akun media sosial kita. Pastinya mereka tidak akan merasa diuntungkan sehingga langsung berlalu begitu saja.
  2. Berbicara sendiri
    Sosial media bukanlah sebuah tempat untuk berbicara sendiri. Di tempat ini kita diminta untuk terus berkomunikasi dengan para pengunjung. Aktiflah dan ikutlah berkomunikasi dengan para followers anda baik melalui komentar ataupun pesan pribadi.
  3. Menggunakan media sosial hanya sebagai sarana iklan
    Tujuan utama dari sosial media adalah pemasaran, namun bukan berarti anda harus selalu mengiklankan bisnis anda. Follower atau pengunjung akan merasa cepat bosan jika isi postingan hanya seputar update promosi diskon serta produk. Jadi, gunakanlah dengan bijak yaitu dengan memasukkan informasi dan berbagai macam hal yang menarik sesuai dengan yang dibutuhkan pembaca.
  4. Belum menentukan brand anda di media sosial
    Brand sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah usaha. Pastikan anda telah melengkapinya untuk meningkatkan kepercayaan followers terhadap media sosial yang anda miliki.
  5. Mengabaikan atau menghapus komentar negative
    Usahakan jangan pernah menghapus komentar negative yang ada dalam komentar media sosial. Justru tanggapi dengan respon yang positif. Dengan mengabaikan atau menghapusnya menandakan ketidakprofesionalan kita ketika menghadapi sesuatu hal.
  6. Menanggapi komentar dari followers sangat lama
    Apapun komentarnya entah itu positif ataupun negative anda harus dengan bijak membalas setiap postingannya. Lakukan ini dengan cepat karena ini akan mencerminkan kualitas dari pelayanan anda.
  7. Mengabaikan proses pemasaran
    Jika tujuan utama anda menggunakan media sosial adalah bisnis, maka lakukanlah. Catat semua pergerakan mulai dari followers hingga konten yang banyak disukai. Jangan lupa melakukan evaluasi agar promosi anda di media sosial juga semakin terarah.

 

Nah, apakah anda pernah melakukan 7 kesalahan di atas? Jika iya, segera perbaikilah dan terapkan solusi diatas agar followers atau pengunjung bisa betah bahkan tertarik dengan produk anda. Selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.