7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Pameran Bisnis

Pameran bisnis yang sering diadakan di pusat keramaian merupakan ajang promosi yang efektif. Banyak pengunjung yang akan hadir dalam pameran bisnis tersebut, mulai yang hanya sekadar melihat-lihat atau memang sedang mencari sebuah produk. Tentunya kesempatan ini bisa kamu manfaatkan saat mengikuti pameran bisnis. Kira-kira keuntungan apalagi ya yang akan kamu dapatkan?

 

Menguatkan Image dan Visibilitas

Pameran bisnis merupakan ajang yang tepat untuk memamerkan produk usahamu. Pada pameran ini, produkmu akan dilihat oleh banyak pengunjung yang hadir. Secara tidak langsung, mengikuti pameran bisnis memberikan kesempatan bagi kamu membangun image produk. Visualisasi produkmu adalah aspek penting yang harus diperhatikan supaya pengunjung bisa dengan mudah mengenali kelebihan produkmu.

 

Meningkatkan Transaksi Selama Pameran

Pameran bisnis memang hanya berlangsung selama beberapa hari saja, tetapi kamu bisa memanfaatkan event ini untuk meningkatkan transaksi penjualan produk, seperti dengan memberikan diskon, kupon hadiah, hingga hadiah menarik lainnya. Hal ini dapat berperan efektif dalam menarik minat pengunjung terutama jika kamu memiliki produk atau brand yang baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas.

 

Memperluas Jaringan

Pameran bisnis turut mengundang semua pihak yang terkait dengan dunia bisnis, mulai dari pemasok, distributor, investor, media, dan tentu saja pelanggan. Ini adalah peluang emas bagi perusahaanmu untuk memperluas jaringan bisnisnya. Pameran bisnis merupakan media marketing yang sangat kuat. Siapa tahu kamu bisa menemukan mitra dagang untuk membuka cabang baru.

 

Memperbaiki Efektivitas dan Efisiensi Marketing

Jika selama ini kamu tidak mengetahui secara langsung respon masyarakat terhadap produkmu, maka dengan mengikuti pameran bisnis kamu bisa dengan mudah menilai bisnismu sendiri. Mengikuti pameran bisnis sekaligus memberikan kesempatan untuk melakukan survey secara langsung sejauh mana efektivitas dan efisiensi strategi marketing bisnis yang telah kamu jalankan selama ini. Jika sudah mengetahui bagian yang harus diperbaiki, segeralah berinovasi dengan strategi yang baru.

 

Mengenal Potensi Pesaing

Pameran bisnis biasanya diikuti oleh banyak pelaku usaha dan tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada pengusaha lain yang juga menawarkan produk serupa dengan usahamu. Tidak perlu berkecil hati, sebab melalui pameran bisnis inilah kamu bisa dengan mudah menjaring informasi tentang pesaing. Mulai dari harga produk, produk unggulan, peralatan yang digunakan, hingga sekedar mengetahui sejauh mana bisnis mereka berkembang. Cermatlah dalam mengenali potensi pesaing sehingga kamu bisa menemukan celah untuk mengunggulkan produk usahamu.

 

Memahami Kebutuhan Pelanggan Secara Langsung

Melalui pameran bisnis, kamu bisa secara langsung berbincang dengan pelanggan yang tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Meskipun tidak semua pelanggan akhirnya membeli produkmu, setidaknya kamu bisa mempelajari secara langsung kebutuhan mereka. Selain itu, kamu pun bisa menemukan keluhan pelanggan tentang produkmu sehingga kamu bisa melakukan inovasi pada proses produksi yang akan datang.

 

Memanfaatkan Efek Viral

Pameran bisnis yang tidak lepas dari peran media yang turut menyiarkan event tersebut baik melalui media cetak maupun online. Gunakan kreatifitas serta imajinasimu untuk memanfaatkan kesempatan ini agar brand atau produkmu dapat menyebar dengan cepat di media sosial dan dibicarakan oleh banyak orang. Misalnya, kamu bisa membuat booth dengan desain yang unik agar pengunjung bisa berfoto dan menguploadnya ke Instagram.

 

Nah, sekedar tambahan informasi buat kamu, Pekku Goers. Pada tanggal 12-13 April 2016 mendatang, Pekku.com akan hadir di event Tech In Asia yang diselenggarakan di Suntec Convention Hall, Singapore. Ikuti keseruan kami melalui akun media sosial Pekku, ya!

 

Tips Pekku:

Mengikuti pameran bisnis memang dapat memberikan banyak keuntungan untuk bisnismu. Namun, kamu juga harus tetapi mengimbanginya dengan konsep dan strategi marketing yang matang agar dapat menyasar target konsumenmu dengan baik.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.