7 Killer Tips untuk Mendesain Logo – bagian 2

Kelanjutan dari pembukaan rahasia dibalik logo-logo iconic dunia! Jika kamu masih kesulitan mendesain logo dari 3 rahasia sebelumnya, 4 rahasia berikut ini semoga dapat membantumu menciptakan logo yang spektakuler.

1.     Dibalik nama.

Logo terdiri dari 2 komponen, tulisan nama dan simbol. Kamu bisa menggabungkan keduanya untuk logomu namun menjadikannya cukup panjang dan sulit di edit. Jika kamu memilih menggambarkan brandmu sebagai simbol, kamu harus siap dengan rangkaian kegiatan marketing untuk membuat masyarakat mengenal logomu sebagai simbol yang menggambarkan brandmu. Jika kamu lebih suka dengan tulisan nama sebagai logo, pastikan dulu nama brandmu unik dan tidak pasaran supaya logomu lebih mudah membekas dalam ingatan masyarakat. Logo berupa tulisan nama akan semakin menonjol jika memakai font yang unik yang jarang dipakai tapi tetap mudah terbaca seperti logo Coca-Cola.

2.     Jadikan mudah dan fleksibel.

Penting untuk menjadikan logomu memiliki kombinasi berimbang antara sederhana dan unik karena kamu pasti ingin logomu menarik. Tapi kamu tentu tidak mau kalau orang sampai memandangi logomu berlama-lama karena dia kesulitan menangkap pesan dari logomu. Reminder juga dari Pekku kalau sekarang jamannya era digital. Desain logomu supaya mudah disematkan pada berbagai platform dan background, ukurannya fleksibel, dan tetap maksimal baik soft maupun hardcopy.

3.     Jangan berharap instan.

Tahu logo alas kaki Nike kan? Logonya sama sekali tidak terlihat seperti sepatu, bahkan kadang tidak ada tulisan “Nike” pada logonya yang menjelaskan bahwa logo tersebut adalah logo brand Nike. Anehnya, kamu masih mengenalinya sebagai logo Nike kan? Itu karena logo tersebut berhasil menjadi icon di masyarakat. Rahasianya: kenali brandmu secara mendalam, tentukan apa yang menjadi tujuanmu menciptakan brand tersebut dan apa yang kamu harapkan dengan menciptakan logo tersebut. Designer logo Nike, Carolyn Davidson, diminta mendesain logo yang menggambarkan “pergerakan” dan cocok disematkan pada produk sepatu. Maka jadilah logo Nike yang seperti coretan tanda centang tersebut.

4.     Gunakan bantuan online.

Internet adalah lautan informasi dimana kamu bisa berburu inspirasi dan ide untuk mendesain logo. Jika masih kesulitan mendesain sendiri, kamu juga bisa menemukan bantuan dari dunia maya. Cobalah website LogoMaker atau LogoYes untuk membantumu menciptakan logomu sendiri.

Selamat berkreasi!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.