7 Tips Membuat Foto Produk Online Shop yang Menarik

Persaingan bisnis online membuat para pebisnis harus memutar otak dengan keras agar bisa mempertahankan bisnis yang dijalankan. Berbagai cara pun dilakukan, seperti strategi yang bagus, produk yang bermutu, hingga persaingan harga. Produk yang bagus tentu harus dipasarkan dengan baik agar berhasil menarik minat pembeli. Salah satunya dengan membuat foto produk online shop semenarik mungkin.

Nah, berita baiknya kamu tidak perlu menyewa studio dan fotografer yang handal untuk membuat foto yang bagus untuk mengurangi biaya pengeluaran yang besar. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa dipakai untuk menciptakan foto yang menarik agar tampilan produk terlihat menarik dengan modal yang jauh lebih hemat. Yuk simak baik-baik tipsnya!

Gunakan Kamera dengan Resolusi Tinggi

Langkah awal yang harus diperhatikan adalah pastikan bahwa ketika membuat foto produk kamu memakai kamera dengan resolusi yang tinggi. Kamu bisa menggunakan kamera profesional seperti DSLR atau bisa juga menggunakan kamera digital atau kamera telepon genggam yang memiliki resolusi yang bagus. Semakin tinggi resolusi kamera, maka hasil foto akan terlihat semakin bagus.

Manfaatkan Aplikasi Editor Foto

Selanjutnya, agar foto produk yang dihasilkan semakin berkualitas kamu tak perlu ragu untuk memanfaatkan aplikasi editor foto seperti Photoshop. Kamu bisa mengatur tampilan foto seperti yang diinginkan. Bahkan ada beberapa aplikasi editor foto yang bisa menambahkan frame, atau emoticon lucu dalam tampilannya. Kamu cukup download aplikasi tersebut di application store dalam smartphone milikmu.

Atur Letak Produk yang Dijadikan Objek Foto

Tata letak produk perlu diperhatikan agar menambah kualitas foto yang dihasilkan. Misalnya, jika produk yang akan difoto adalah baju, maka akan jauh terlihat bagus jika baju dipakaikan ke manekin terlebih dahulu sehingga pelanggan bisa melihat bentuk dari baju itu sebenarnya. Atau, jika tidak ada manekin, bisa menggunakan model yang bisa saja dilakukan oleh diri sendiri atau teman. Pastikan kamu telah memilih model yang sesuai dengan ukuran baju, jangan dipaksakan jika baju terlalu besar atau kecil, tentu hal itu akan mengurangi daya jual produk bukan. Sedangkan untuk produk lain, jangan lupa untuk melihat bagian mana yang terbaik dari produk foto itu untuk difoto.

Pilih Background yang Sesuai

Objek foto akan semakin menonjol jika background yang ditampilkan cocok dengan objek foto. Akan tetapi, hal yang sebaliknya bisa terjadi jika background foto malah terlalu ramai atau mencolok sehingga membuat objek foto tenggelam. Pemilihan warna harus diperhatikan untuk membuat semua terlihat menarik. Biasanya, warna dasar seperti putih, menjadi pilihan terbaik untuk background.

Perhatikan Sudut Pengambilan Foto

Pengambilan sudut gambar atau angle juga merupakan elemen penting untuk menghasilkan gambar yang menarik. Pengambilan gambar dapat dilakukan dari atas, bawah, samping, samping miring, dan sebagainya. Selain itu, jarak antara kamera dan barang juga perlu diatur agar gambar yang dihasilkan lebih menarik. Bisa juga menggunakan tripod untuk menghindari kamera goyang saat pengambilan gambar. Biasanya, untuk membuat pelanggan semakin jelas dengan produk yang akan dijual, hasil foto dari belakang, dan samping juga perlu ditunjukkan ke dalam postingan.

Atur Pencahayaan dengan Baik

Pengambilan gambar pun perlu dilakukan dari arah yang tepat dan tidak membelakangi cahaya maupun terkena pantulan cahaya yang terlalu silau. Selain itu, keuntungan dari pengaturan cahaya adalah, membuat hasil foto terlihat lebih berkualitas dan terang. Oleh karena itu, saat menentukan background, arah cahaya juga perlu diperhatikan.

Tambahkan Watermark

Setelah semua foto produk dirasa fix untuk diunggah, sebelumnya perlu dilakukan proses penambahan watermark atau penanda sumber. Watermark digunakan untuk mencantumkan sumber atau siapa pemilik foto tersebut. Tentu saja ini dilakukan agar orang lain tidak dapat mencuri hak cipta dari si pemilik foto yang sudah bersusah payah menghasilkan foto tersebut.

 

Semoga tips-tips tadi berhasil membantu kamu dalam membuat foto produk online shop yang menarik. Pastikan juga kamu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform Pekku dengan baik untuk memajang foto produk di toko onlinemu. Selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.