8 Cara Melindungi Website Kesayangan dari Serangan Hacker

[Cover Blog] 27

Peran website dalam bisnis online pastinya sudah sangat jelas, tanpa website maka sebuah bisnis online tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, karena ranah online ini sangat mudah dan juga memiliki cakupan yang sangat luas maka banyak orang juga yang suka “iseng”. Nah, keisengan mereka bisa meliputi berbagai macam hal seperti menghilangkan data dalam website yang kita punyai, kehilangan akun, kesulitan akses, dan masih banyak keisengan lainnya. Keisengan ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker dan pastinya ini cukup merugikan bagi keberlanjutan bisnis anda bukan?

Untuk mengantisipasi serangan hacker diperlukan beberapa perlindungan khusus agar website yang anda punyai bisa aman. Lalu apa cara yang harus dilakukan? Simak langsung 12 cara melindungi website kesayangan dari serangan hacker dibawah ini:

  1. Update konsisten
    Update harus dilakukan dengan konsisten dan terus menerus. Biasanya beberapa situs terus memperbarui plugin mereka agar mampu terlindungi dari serangan hacker. Nah, untuk waktu pembaruan ini berbeda-beda tergantung dari platform masing-masing.
    Selain itu, perlu juga untuk mengupdate segala macam software yang berkaitan dengan website anda. Update secara kontinyu agar anda mendapatkan keamanan yang terupdate.
  2. Tambahkan kontrol akses
    Gunakanlah nama dan juga password yang tidak biasa agar akun anda tidak mudah dibobol. Cara lain adalah dengan membatasi login dalam suatu waktu dan hindari untuk mengirimkan rincian login website anda lewat email. Beberapa pengguna tidak sah terkadang bisa saja menghack email dan mendapatkan login dengan mudah. Jadi, hati-hatilah.
  3. Perkuat jaringan
    Gunakanlah rute akses yang mudah ke server website seperti sandi yang kuat dan sering berubah serta scan perangkat dari malware sebelum terkoneksi.
  4. Gunakan firewall
    Tidak ada salahnya menggunakan firewall untuk melindungi website. Umumnya aplikasi firewall menyediakan tameng untuk memblokir serangan hacker serta menyaring spammer dan juga bot yang berbahaya.
  5. Sembunyikan halaman admin
    Gunakanlah file robots_txt agar mesin pencari tidak mampu mengindeks halaman admin. Ini berguna agar halaman admin anda juga tidak mudah terindeks oleh hacker.
  6. Gunakan SSL
    SSL berguna untuk mentransfer informasi pengguna dari database ke website sehingga informasi tidak akan terbaca oleh hacker atau pengguna lainnya.
  7. Lakukan backup sesering mungkin
    Backup berguna agar nantinya data tetap kembali pada hari ketika di backup. Backup sehari sekali agar data anda benar-benar aman.
  8. Sembunyikan password
    Untuk satu ini anda bisa menggunakan software untuk menyimpan password dan juga username yang digunakan untuk akses website. Atau agar lebih aman, bisa dengan mengisi password dan username yang terkombinasi sehingga sulit dideteksi oleh hacker.

Itulah 8 cara untuk melindungi website dari serangan hacker yang bisa anda lakukan dengan mudah. Dengan ini anda bisa tenang karena terbebas dari berbagai macam keisengan dalam website anda, selain itu bisnis juga dijamin lancar terkendali. Selamat informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba !

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.