8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Website Portofolio yang Baik

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki sebuah situs web portofolio pribadi. Jika kamu seorang freelancer, maka kamu perlu untuk memamerkan karya kamu dan memungkinkan orang untuk menghubungi kamu. Jika kamu adalah seorang mahasiswa (atau belum bekerja), maka kamu perlu untuk menunjukkan kepada calon perusahaan bagaimana kemampuan kamu sehingga kamu bisa direkrut. Jika kamu sudah tergabung dengan studio design, maka kamu bisa menunjukkan hasil kerjamu disitu.

Website portofolio akan mempromosikan karya kamu. Tidak akan ada orang yang akan mengetahui tentang merek kamu kecuali jika kamu mempromosikannya, dan jika kamu adalah seorang perancang Web, programmer, penulis, atau pekerja kreatif, maka sangat penting bahwa kamu memiliki website portofolio yang baik.

Berikut hal yang harus diperhatikan untuk membuat website portofolio yang baik.

1. Logo
Logo kamu adalah hal yang pertama kali dilihat oleh pengunjung. Kita terbiasa membaca dari kiri ke kanan, dan dari atas ke bawah, jadi secara alami sebaiknya kita menempatkan logo di posisi kiri atas halaman website sehingga pengunjung bisa langsung mengenali website kamu.
Logo tidak harus menggunakan nama kamu, namun jika kamu ingin mempromosikan dirimu secara online ada baiknya kamu menggunakan namamu. Dan selalu berikan link pada logo untuk menuju home page kamu.

2. Tagline
Setelah pengguna melihat siapa pemilik website, mereka ingin mengetahui apa yang kamu lakukan. Ini adalah di mana kamu menjelaskan apa yang kamu lakukan dengan tagline. Tagline sebaiknya pendek namun merangkum semua hal yang kamu kerjakan.

3. Portofolio
Karena ini adalah sebuah website portofolio, maka portofolio kamu akan menentukan apakah website tersebut menarik atau tidak. Pengunjung ingin melihat hasil pekerjaan kamu untuk memutuskan mempekekerjakan kamu atau tidak. Portofolio sebaiknya menggunakan kualitas gambar yang tinggi, serta tambahkan deskripsi singkat pada tiap-tiap project, termasuk skill apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project tersebut.

4. Services
Tagline kamu merangkum apa yang anda lakukan, tetapi di sini kamu harus menjelaskan secara detail layanan apa saja yang kamu tawarkan kepada calon klien. Kamu tidak bisa mengharapkan calon klien untuk menebak apa yang kamu lakukan berdasarkan portofolio saja, dan kamu tidak ingin mereka bertanya apakah kamu menawarkan layanan lain yang tidak tercantum di website.
Maka dari itu jelaskan semua layanan yang kamu tawarkan, desain Web, programming, video, copywriting, merek, dll.

5. About Me
Ini semua adalah tentang kamu. Biarlah orang melihat seorang laki-laki atau perempuan di balik layar (baca: website). Kamu dapat berbagi latar belakang, darimana kamu berasal, sudah berapa lama berkecimpung di industri ini, dan sebagainya. Tujuannya untuk membangun kepercayaan klien secara personal. Ada baiknya kamu juga menambahkan foto diri agar mudah dikenali dan jangan takut untuk menunjukkan penghargaan yang pernah kamu raih agar menambah nilai jual kamu.

6. Contact
Ini adalah salah satu elemen paling penting dalam website portofolio tetapi sering tersembunyi atau bahkan diabaikan. Informasi kontak seharusnya jelas dan mudah untuk diakses. Detail informasi yang bisa digunakan misalnya nama, alamat email, URL situs web, serta nomor telepon.

7. Gunakan Media Sosial
Saat orang sudah tertarik padamu dan pekerjaanmu, ajak mereka untuk berhubungan lebih lanjut di sosial media lain. Pastikan mereka bisa memfollow kamu di Twitter, Facebook, Flickr, LinkedIn, dll. Hal ini untuk memudahkan mereka untuk bisa segera mengontak atau sekedar mencari informasi.

8. Komunikasi dan Bahasa
Ingat, ini adalah sebuah situs web portofolio pribadi, maka buatlah gaya bahasa yang pribadi juga. Anda tidak perlu berbahasa formal dan kaku seperti di website corporate brand. Ramah dan pribadi, tetapi juga jelas dan tepat. Tips singkat, setelah anda menulis semua teks untuk website kamu, baca lagi dan lihat jika kamu dapat membuatnya lebih simpel lagi.

Sumber: Smashing Magazine

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.