8 Tips Praktis Sukses bisnis E-Commerce

[Cover Blog] Vector-07 Bisnis E-commerce merupakan bisnis yang memiliki kesulitan dan tantangan yang sangat tinggi untuk bisa mengembangkannya. Diperlukan kreativitas yang tinggi mulai dari kemasan, pemasaran, peningkatan trafik, memahami customer hingga kemampuan untuk mengelola karyawan dengan memaksimalkan potensi dasar mereka. Beberapa hal tersebutlah yang membuat bisnis e-commerce menjadi sebuah bisnis yang penuh tantangan namun mempunya peluang yang sangat tinggi untuk sukses. Meskipun bisnis e-commerce termasuk bisnis yang sulit dijalankan dengan banyak sekali tantangan dan hambatan, namun bukan berarti bisnis ini tidak bisa dijalankan dengan maksimal. Dalam dunia bisnis seperti apapun tetap ada kunci untuk sukses. Dengan mengetahui dan menjalankan kunci sukses inilah yang akan membuat usaha anda berkembang. Lebih lengkapnya berikut kami berikan beberapa tips untuk sukses dalam bisnis e-commerce antara lain:

  1. Mempunyai patokan yang telah pakem Mempunyai patokan seperti visi, misi dan tujuan merupakan sebuah hal yang wajib dalam keberhasilan sebuah usaha khususnya bisnis e-commerce. Dengan mempunyai patokan yang pakem maka anda akan mampu menentukan jenis strategi macam apa yang bisa dijalakan.
  2. Buatlah sebuah business model Menciptakan business model ini seperti menciptakan mapping atau peta dalam bisnis e-commerce anda. Business model meliputi keuntungan, resiko yang dihadapi, jumlah saingan, peluang hingga pemahaman akan area yang membutuhkan investasi.
  3. Pahami konsumen Menjalankan bisnis e-commerce tentunya akan membuat anda sangat dekat dengan konsumen sehingga anda harus mengenali siapa saja customer dari produk anda.
  4. Jual produk yang diinginkan oleh customer Saat anda nanti menjalankan bisnis e-commerce maka anda bisa menyimpulkan mana jenis produk yang disukai oleh konsumen mana yang tidak. Dengan memahami konsumen maka anda bisa memantau dan menyimpulkannya lewat tren.
  5. Membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga yang tinggi Semakin tahun maka kompetisi antar e-commerce akan semakin tinggi maka dari itu anda juga harus cerdas dalam menginvestasikan modal yang dipunyai. Pertimbangkan memberikan harga yang termurah namun memiliki kualitas tinggi.
  6. Interaksi personal Bisnis e-commerce dilakukan tanpa adanya tatap muka langsung, jadi berikan sebuah penghargaan khusus bagi para customer yaitu dengan interaksi langsung. Salah satu contoh interaksi langsung yang bisa dilakukan adalah dengan menyapa nama mereka.
  7. Investasikan pada online promotion Bisnis e-commerce bergerak di dunia maya dan inilah alasan kenapa anda harus mengoptimasi bisnis e-commerce lewat online promotion seperti blogging, social media, online advertising, dan juga search optimization.
  8. Tawarkan kemudahan Konsumen dimanapun dan kapanpun selalu mencari kemudahan sehingga bisnis e-commerce yang mampu menawarkan kemudahan adalah yang paling dicari. Agar bisnis e-commerce anda lancer pastikan untuk content, website, landing pages promosi, merchandise, checkout, customer service dan juga shopping cart mudah dipahami sehingga mampu mendukung strategi marketing anda. Selain itu jangan lupa mengecek kemudahan dari sisi prosedur pengiriman dan pembayaran.

Selain ke-8 tips diatas jangan lupa pula untuk mempertimbangkan sisi desain website. Desain yang apik, mudah dan simple lebih disukai oleh customer daripada yang ramai. Template yang apik mampu memberikan kesan mendalam pada customer sehingga mereka betah dan menjadikan bisnis anda sebagai salah satu referensi yang paling apik.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.