Ada Apa Dalam Branding: Nama

Jika kamu ingin membangun sebuah usaha, hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah nama. Merk atau nama usaha bukan hanya sekedar nama sebuah produk, tapi harus mewakili kesan, kualitas atau manfaat dari sebuah produk. Lalu, apa sih pentingnya nama dalam sebuah bisnis?

MEMUDAHKAN ORANG MENGINGAT KAMU

Merek dapat membedakan produkmu dengan produk pesaing dan membuatnya lebih mudah untuk diingat, maka kamu harus berhati-hati dengan pemilihan nama. Hindari penggunaan huruf singkat untuk brandmu, misalnya BCD. Bayangkan betapa sulit nantinya bagimu jika ada pesaing lain yang menamakan produknya CDB atau DBC?

MENCITRAKAN PROFESIONALISME

Pekku Goers pernah gak ditawari barang yang kualitasnya mungkin sama dengan produk bermerk? Kosmetik misalnya, biasanya kita akan memilih untuk membeli barang bermerk yang sudah dikenal daripada produk kecantikan lain yang tidak memiliki merk. Hal ini jelas menunjukkan pencitraan sebuah brand mempengaruhi persepsi pelanggan/orang lain. Jadi jika kamu mempunyai nama sendiri yang menunjukkan ciri khas produkmu, kamu akan terkesan lebih profesional dimata pelanggan.

MENJAMIN KEAMANAN

Salah satu penghalang seseorang dalam bertransaksi terutama dalam bisnis online adalah rasa percaya. Seorang calon customer tidak akan bertransaksi dengan seseorang yang tidak bisa memberikan rasa aman. Untuk membuat brand identity, seseorang harus mengeluarkan budget tertentu untuk menyewa desainer. Dan orang yang bersedia melakukan ini lebih terlihat sebagai orang yang menjalankan bisnis yang sustainable, bukan orang yang melakukan bisnis hit and run. Singkatnya, karena dengan brand identity kamu terlihat lebih professional, maka orang akan mempercayai kamu.

Tips dari Pekku: Merek sebaiknya mudah diucapkan, simple dan berdesain menarik. Jika dapat menampilkan manfaat produk dalam nama atau logo adalah nilai plus karena itu dapat menonjolkan citra perusahaan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.