Ada Apa Dengan Branding : Brand Image

  Membangun ‘brand image’ bukanlah hal yang mudah. Banyaknya pesaing yang lebih segar dan lebih baik dapat mengalihkan kepercayaan masyarakat yang tidak dapat dibeli dengan mudah.   Mengapa branding sangat penting? Selain sebagai identitas produk, brand juga akan menumbuhkan loyalitas konsumen. Biasanya bila seseorang sudah cocok dan akrab dengan suatu brand, dia tidak akan mudah berpaling pada brand lain. Untuk itu dibutuhkan brand yang dapat mencerminkan brand image yang kuat untuk diingat oleh konsumen.   Tahukah Pekku Goers ada 3 langkah awal dalam membangun brand image?  

 

  1. VISUAL

  Tampilan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Oleh karena itu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana menampilkan produkmu secara visual. Tampilan visual berarti cara kamu mendesain logo, packaging, dan atribut pendukung lainnya seperti kendaraan, bangunan perusahaan, dan seragam karyawan. Tapi harus diingat, kemasan yang menarik, bangunan perusahaan megah, atau bangunan mewah akan sia-sia tanpa sebuah logo. Logo lah yang akan membuat kamu berbeda dari orang lain karena logo merupakan simbol kepemilikan serta penyampaian identitas yang menggambarkan perusahaan maupun produkmu dengan baik.  

  1. KOMUNIKASI

  Komunikasi yang dimaksudkan adalah kegiatan yang kamu lakukan untuk menyampaikan informasi kepada konsumenmu. Saat ini media untuk melakukan komunikasi dengan konsumen dapat dilakukan dengan cepat, mudah, murah, dan dapat mencakup wilayah yang sangat luas. Salah satunya adalah penggunaan internet yang digunakan oleh hampir semua orang di dunia. Kamu dapat berkomunikasi dengan konsumenmu melalui akun media sosial maupun website. Selain melalui media internet, komunikasi juga dapat kamu lakukan melalui media lain seperti iklan pada sela-sela tayangan televisi populer atau juga melalui radio.  

  1. PERILAKU BRAND

  Setelah kamu memiliki brand, kamu harus memastikan bahwa nilai-nilai dari brandmu itu diaplikasikan dan dijalankan secara nyata oleh setiap anggota/karyawan perusahaanmu. Tanpa kamu sadari, konsumen akan selalu menilai bagaimana suatu brand memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka melalui nilai brand yang kamu terapkan dan hal ini terlihat dari tindakan anggota / karyawan dari perusahaanmu. Kepercayaan yang telah dibangun dan dijaga selama bertahun-tahun dapat hilang hanya dengan satu kesalahan saja. Pendapat dan penilaian dari konsumen sangatlah berharga dan tidak dapat dibeli. Konsumen  akan mengatakan hal yang positif bila mereka mendapatkan keuntungan yang positif pula dari brandmu. Penilaian mereka terhadap brandmu akan terus dilakukan dan hal ini lah yang akan mempengaruhi brand image.   Tips dari Pekku : Brand image dapat dibangun dengan cara membangun identitas brand yang kuat terlebih dahulu. Sebagai produk dengan brand baru yang belum banyak dikenal orang, ada baiknya jika kamu menjelaskan secara detail kepada para calon konsumen tentang produkmu, seperti bahan baku, proses pembuatan, hingga manfaatnya. Jangan lupa, paparkan juga keunikan dan keunggulan yang kamu miliki. Brand image yang baik dan mengakar di kehidupan konsumen dapat membuatnya mampu bertahan di ajang persaingan yang ketat.  

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

2 Komentar

Tulis komentar
  • selamat siang kak , untuk cara penggunaanya gopekku seperti apa ya ? bisa tolong untuk dipandu untuk caranya kak ? makasih :)

    • Halo kak Narisa. Bisa kok dipandu cara penggunaannya. Silakan lihat tutorial kami pada panel atas editor Pekku, atau bisa bertanya pada tim support kami melalui live chat atau telepon. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.