Ada apa dengan Branding: Mengukur Efektivitas Branding

Branding merupakan sebuah langkah pemasaran suatu produk dengan menciptakan sebuah nama, simbol, atau desain yang dapat mengidentifikasi dan membedakan produk tersebut dengan produk lainnya. Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu memahami bahwa dalam dunia bisnis, branding adalah langkah awal yang dapat menentukan kesuksesan bisnis tersebut ke depannya. Selain itu, efektivitas branding juga dapat diukur dengan beberapa cara berikut ini:

 

Tingkat Visibilitas Brand

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengukur efektivitas branding adalah dengan mengukur tingkat visibilitas brand tersebut di kalangan masyarakat luas. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan survei secara acak untuk mengetahui apakah brand produkmu telah dikenal baik oleh masyarakat. Jika masyarakat dapat mengenali produkmu hanya dengan melihat salah satu dari atribut brand, seperti logo, warna, jenis tulisan, maka dapat dikatakan bahwa brandingmu sudah berjalan secara efektif.

Perolehan Keuntungan Sebelum dan Setelah Melakukan Branding

Untuk mengukur efektivitas branding, kamu pun dapat melakukannya dengan cara menghitung perolehan keuntungan yang didapatkan sebelum dan setelah melakukan branding itu sendiri. Catatlah presentase keuntungan yang diperoleh perusahaan sehingga kamu dapat melakukan evaluasi terhadap aktivitas branding yang ada demi mencapai target penjualan perusahaan.

 

Feedback Dari Pelanggan

Feedback yang diberikan oleh pelanggan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam rangka mengukur efektivitas branding produk bisnismu. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan yang telah kamu berikan. Apabila para pelanggan telah merasa nyaman dan terpuaskan, maka mereka pun akan mempromosikan brandmu pada rekan-rekan lainnya sehingga secara tidak langsung juga membangun image yang baik di target pasarmu.

Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Sebagai salah satu strategi pemasaran, branding tidak hanya sekedar melakukan pemasaran melalui media cetak maupun internet. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan juga merupakan cara yang dapat ditempuh dalam mengukur efektivitas branding. Caranya adalah mengukur seberapa banyak pelangganmu yang memberikan respon positif melalui saran, komentar, maupun kritikan yang diberikan di berbagai media yang kamu sediakan bagi mereka untuk berinteraksi, seperti media sosial dan jalur khusus untuk layanan konsumen.

 

Nah, sudah sejauh mana efektivitas brand produk bisnismu? Semoga artikel tadi dapat membantu kamu menjadi pebisnis sukses ya Pekku Goers.

 

Tips Pekku:

Mengukur visibilitas brand merupakan langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk mengukur efektivitas branding produk yang kamu tawarkan kepada para pelanggan. Selanjutnya, kamu dapat menghitung serta membandingkan keuntungan yang diperoleh sebelum dan sesudah melakukan aktivitas branding untuk melakukan evaluasi kemudian hari. Memonitor feedback dan membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.