Ada Apa dengan Branding: Pentingkah Mendesain Corporate Identity?

Sesuai dengan namanya, corporate identity adalah identitas perusahaan yang didesain sedemikian rupa sesuai dengan konsep branding. Corporate identity memiliki peranan sangat penting karena hal ini yang akan dilihat dan dirasakan hingga persepsi tertentu yang akan ditangkap oleh pasarmu. Di dalam corporate identity, ada beberapa elemen yang umumnya dimiliki oleh sebagian besar perusahaan atau bisnis, seperti kartu nama, amplop dan kop surat, alat tulis, agenda / notebook, dan kemasan CD.

 

Corporate identity memiliki fungsi yang sangat penting untuk dapat menjalankan branding tersebut. Beberapa fungsi itu adalah sebagai berikut:

 

Memberikan Kesan Pertama 

 

Kopylot-Corporate-Idenity-Design-made-by-upnero-min

Kesan pertama akan menentukan persepsi target pasarmu di masa depan. Jika kalian dapat menggambarkan kesan profesional dan elegan melalui corporate identity dan targetmu dapat menangkapnya dengan baik, maka kesan tersebut akan terus menempel sebagai identitas perusahaanmu.

 

Ciri Khas yang Berbeda

 

frame_your_gram_corporate_indentity1

Saat mendesain corporate identity, tidak jarang terdapat perbedaan dengan desain logo yang sudah ada. Perbedaan tersebut bisa dalam segi warna, jenis font, dan penggunaan elemen grafis. Namun perbedaan tersebut dapat menjadi ciri khas tersendiri bagi brand milikmu. Perlu diingat, setiap media dalam corporate identity akan membutuhkan eksekusi dan implementasi yang berbeda-beda. Tetapi yang terpenting adalah desain tersebut harus tetap sesuai dengan konsep branding yang telah ada.

 

Wajah Brand yang Dapat Dilihat dan Dirasakan

Layaknya seperti pakaian, corporate identity juga berperan sebagai wajah brand yang sedang kamu perlihatkan pada target pasarmu. Tentunya sebagai pemilik brand, kalian akan menginginkan wajah brand yang menarik, bukan? Oleh karena itu, desainlah corporate identity brand-mu sebaik mungkin agar mampu mendatangkan keuntungan bagi bisnismu di masa depan. 

 

Apakah kalian sudah memiliki corporate identity dari brandmu? Jika belum, kamu harus mempertimbangkan untuk membuat identitas brand-mu.

 

Tips Pekku:

Tidak peduli sekecil apapun bisnis maupun organisasi yang ada, branding adalah hal penting yang harus dimiliki. Usahakan untuk selalu memiliki konsep yang matang dalam brand-mu agar mudah direalisasikan dan tepat menuju sasaran target pasarmu. Jadikan branding bagian dari investasi bisnismu.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.