Ada apa dengan Branding: Pentingnya Pemilihan Warna

Pemilihan warna adalah unsur yang paling penting saat menentukan identitas dan nilai sebuah brand perusahaan. Layaknya seorang wanita yang menggunakan make up, warna merupakan salah satu elemen yang menjadi ‘wajah’ dari suatu bisnis atau perusahaan. Penggunaan warna tertentu dapat mengkomunikasikan profil perusahaan dan produk kepada calon pelanggan. Sebagai seorang pebisnis, pemilihan warna dalam branding jelas merupakan hal yang harus diperhatikan agar konsumen dapat dengan mudah mengenali brand usahamu.

Apa saja tujuan dalam melakukan pemilihan warna yang tepat untuk brandmu?

Memperkenalkan Identitas Perusahaan

Pada aktivitas branding, pemilihan warna dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan identitas perusahaan. Selain itu, pemilihan warna yang tepat juga dapat meningkatkan ingatan masyarakat terhadap suatu brand produk tertentu. Misalnya, simbol lengkungan warna oranye yang menonjol dengan latar belakang merah seperti yang digunakan produk McDonald. Dari segi visual, warna khas milik restoran fast food ini melekat diingatan masyarakat luas dan mereka akan mampu mengidentifikasi brand McDonald tanpa harus dijelaskan lebih lanjut.

Menciptakan Kesan Pertama

Pemilihan warna sangat mempengaruhi kesan pertama yang tercipta pada suatu brand. Kesan yang ingin dibangun melalui penggunaan warna sebaiknya memiliki relevansi dengan latar belakang brand tersebut, seperti visi, misi, tujuan, nilai, dan target pasar. Warna-warna yang dipilih dapat dikomposisikan sedemikian rupa demi membangun kesan yang diinginkan.

 

Pencitraan Konsistensi Brand

Branding yang dilakukan dengan pemilihan warna yang tepat dapat membantu pencitraan konsistensi dari brand itu sendiri. Brand yang kamu ciptakan akan semakin kuat jika dibuat dengan pemilihan warna yang tepat dan dipakai secara konsisten. Pencitraan konsistensi brand melalui pemilihan warna dapat menonjolkan produk yang kamu tawarkan di antara ribuan kompetitor lainnya.

 

Efek Persuasif

Warna mampu membuat seseorang untuk merespon dengan cara tertentu saat menerima sebuah penawaran atau bahkan mengabaikannya secara langsung. Dengan kata lain, pemilihan warna pada saat aktivitas branding juga memiliki efek persuasif. Hal ini jelas merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan pendekatan pelanggan sehingga mampu mempengaruhi mereka untuk dapat menerima produk yang kita tawarkan dengan baik.

 

Menegaskan Target Pasar

Pemilihan warna pada suatu brand juga dapat menegaskan target pasar dari produk barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Jika bisnis yang kamu jalankan bergerak dibidang lingkungan, maka warna hijau merupakan pilihan yang tepat untuk menjelaskan target pasarmu adalah orang-orang yang ingin menghijaukan lingkungan. Demikian pula jika kamu memiliki target pasar perempuan, perpaduan warna merah muda dan warna-warna pastel lainnya pun dapat memudahkan kamu dalam menegaskan target pasar dari bisnismu.

 

Nah, Pekku.com sendiri memilih warna ungu sebagai identitas branding sebab warna ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi orang-orang yang berjiwa muda dan kreatif. Kira-kira warna apa yang kamu pilih untuk brand produkmu?

 

Tips Pekku:

Aktivitas branding merupakan hal yang harus diperhatikan secara mendetail oleh seorang pebisnis. Sebelum melakukan pemilihan warna, Pekku Goers dapat mempelajari definisinya agar dapat sesuai dengan latar belakang brandmu. Selamat berkreasi!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.