Apa Perbedaan Website dan Blog ?

Perbedaan Website dan Blog – Tak sedikit yang bingung soal perbedaan antara blog dengan website, ada yang mengatakan keduanya memiliki arti yang sama dan ada pula yang memiliki pengertian sendiri dalam membedakan keduanya. Nah untuk menyamakan persepsi yang lebih tepat tentang Perbedaan Website dan Blog, berikut kami bagikan beberapa informasi tentang perbedaan keduanya.

Perbedaan Website dan Blog

Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Wikipedia

Jika kita melihat pengertian blog dari wikipedia maka blog memiliki arti sebagai situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web). Sedangkan website merupakan kumpulan halaman web yang disajikan dari satu domain.
“Blog merupakan kontradiksi dari web log”
“Website merupakan kontradiksi dari situs di web” (sumber : wikipedia )

Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Isi / Kontennya

Pada umumnya blog berisi berbagai aneka konten. Topik yang dapat dibahas bisa tentang teknologi, fashion, olahraga, travel etc. Blog biasanya berfungsi seperti layaknya majalah digital yang menyajikan berbagai informasi setiap harinya. Sedangkan website biasanya lebih fokus pada konten berupa suatu produk / jasa atau dapat diartikan website ini memiliki isi dengan genre serupa.

Baca Juga : Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah dan Gratis

Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Interaksi Pengguna

Blog umumnya lebih interaktif apabila dibandingkan dengan website. Sebuah blog biasanya memiliki form komentar dimana setiap pembaca dapat berinteraksi dengan admin / pemilik blog itu sendiri. Beda halnya dengan website, biasanya website profesional menonaktifkan form komentar sehingga pengunjung website hanya dapat membaca dan mengexplore isi website, jika ngin berkomunikasi dengan pemilik website biasaya sudah ada form “Contact Us” atau melaui live chat.

Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Homepage

Homepage website biasanya menyajikan rangkuman dari situs web itu sendiri, ini menunjukkan kepada pengunjung tentang jenis produk / jasa yang ditawarkan oleh suatu website. Sedangkan Homepage pada Blog umumnya langsung menyajikan kumpulan postingan atau artikel yang tertata sedemikian rupa pada bagian Homepage.

Baca juga : Cara Mempromosikan Konten Website Dengan Efektif

Nah dari beberapa Perbedaan Website dan Blog di atas sudah dapat dipastikan bahwa keduanya memang berbeda. Selain itu sebenarnya masih banyak lagi perbedaan lainnya antara Website dan Blog apabila ditinjaun dari banyak hal. Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Perbedaan Website dan Blog. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pentingnya Desain Website Pada Kesan Pertama Visitor

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.