Apa Sih Tipe Konsumen Bisnis Onlinemu?

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis online. Konsumen adalah salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis onlinemu. Semakin produk yang kamu tawarkan dikenal masyarakat luas, maka semakin banyak pula tipe konsumen yang akan membeli atau menggunakan produkmu. Beberapa tipe konsumen bisnis online inilah yang wajib kamu kenali supaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masing-masing dari mereka.

Windows Shopper

Jika kamu memiliki konsumen yang tidak terlalu serius untuk berbelanja dan biasanya hanya iseng melihat-lihat produk yang kamu tawarkan, maka dapat dipastikan kalau konsumen yang seperti ini adalah tipe konsumen windows shopper. Bisa jadi mereka mengakses websitemu sekedar untuk mencari inspirasi. Meskipun demikian, konsumen tipe ini cukup bisa menaikkan trafik website bisnis onlinemu, loh.

 

Pemburu Diskon

Tipe konsumen selanjutnya adalah para pemburu diskon. Biasanya mereka hanya akan melakukan pembelian apabila terdapat penawaran diskon pada produk-produk yang mereka inginkan. Sebaiknya memberikan promosi berupa diskon secara rutin agar tipe konsumen yang seperti ini dapat lebih sering berbelanja di toko onlinemu.

 

Seleb Wanna Be

Banyak konsumen yang memutuskan untuk membeli suatu produk yang pernah atau serupa dengan yang dipakai oleh selebriti papan atas. Tipe konsumen Seleb Wanna Be ini merupakan konsumen loyal yang akan dengan senang hati membeli produk meskipun dengan harga agak mahal asalkan ia bisa tampil seperti idolanya. Kamu pun tak perlu bersusah payah untuk merayu agar ia mau membeli produk yang kamu tawarkan.

 

Konsumen Cerdas

Ada saatnya kamu menerima tipe konsumen cerdas yang selalu menanyakan secara detail terkait produk yang akan dibeli olehnya. Tak jarang tipe konsumen satu ini juga akan membanding-bandingkan harga yang kamu tawarkan dengan kompetitor lainnya. Untuk melayani tipe konsumen cerdas, sebaiknya kamu membuat halaman toko online yang mudah diakses serta berikan detail produk di dalamnya. Hal ini dapat memberikan penjelasan keunggulan produk yang kamu tawarkan sehingga si konsumen cerdas akan yakin membeli produkmu.

 

Apakah tipe konsumen bisnismu termasuk salah satu diantara tipe-tipe tadi? Sebagai pebisnis online, hendaknya kamu dapat bersikap dengan bijak dalam menghadapi beragam tipe konsumen. Nah, apabila ada konsumen yang memberikan complain negatif melalui sosial media, Pekku punya tips-tips untuk menghadapi mereka disini

http://blog.pekku.com/4-cara-efektif-menangani-komplain-negatif-dari-pelanggan-di-sosial-media/

 

Tips Pekku:

Dalam menjalankan bisnis online, konsumen adalah raja atau ratu yang harus dilayani dengan sebaik mungkin. Untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik, kamu harus tahu beragam tipe konsumen bisnis yang bisa kamu temukan. Mulai dari tipe konsumen windows shopper, pemburu diskon, seleb wanna be, hingga konsumen cerdas. Yuk kenali tipe konsumen bisnis onlinemu sekarang juga!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.