Yakin template milikmu yang terbaik? Pastikan dengan 7 Kriteria ini!

[Cover Blog] 49(1)

Desain sebuah blog merupakan sesuatu yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Tampilan blog yang cantik mampu mempengaruhi tingkat keprofesionalitasan blog yang kamu miliki. Dengan desain blog yang cantik dijamin dan dipastikan pengunjung betah berlama-lama di blog kamu.

Membuat blog yang cantik pastinya tidak lepas dari pemilihan template. Bisa dibilang template merupakan salah satu yang krusial. Bahkan ada yang mengatakan jika konten adalah raja, maka desain adalah ratunya. Padanan yang tepat antara kedua hal inilah yang akan memberikan pengaruh cukup besar.  Ingat, desain blog merupakan kesan pertama yang akan dilihat oleh pengunjung dan inilah yang nantinya akan membuat mereka berfikir apakah akan menetap di blog anda atau justru malah langsung menekan tombol close.

Memilih template pun bukan hanya sembarang pilih, ada karakteristik khusus yang harus dipenuhi untuk memastikan bahwa template yang anda miliki benar-benar baik dan apik. Penasaran apa sajakah itu? Cek dibawah ini:

  1. Dark text and clean background
    Kita dan pengunjung blog bertemu hanya lewat layar kaca sehingga sebuah tantangan tersendiri untuk mempertahankan pengunjung dalam jangka waktu yang lama. Buatlah sebuah tempat yang nyaman untuk memanjakan visual mereka seperti paduan teks gelap dengan warna background yang terang.
  2. Clear navigation
    Pastikan blog anda memiliki kejelasan navigasi sehingga mudah bagi mereka untuk mencari yang dibutuhkan. Seorang pengunjung biasanya akan merasa malas jika mereka mendapati sebuah template yang mempunyai navigasi yang sulit.
  3. Informative sidebar
    Maksimalkan sidebar dengan baik. Sidebar tanpa disangka juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berlama-lama di blog kamu. Kamu bisa mengisikan recent post, kategori, dan link penting lainnya. Nah, sudahkah blog kamu mempunyai fitur slidebar?
  4. No blingky images and high flash
    Flash memang sangat menarik karena mampu membuat blog anda terlihat interaktif, sayangnya jika berlebihan hal ini justru menjadi semacam boomerang. Flash tingkat tinggi dan tampilan yang bling-bling akan membuat tampilan halaman anda menjadi melambat sehingga sulit diakses.
  5. Gunakan font yang familiar
    Jenis dan ukuran font jelas berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Font yang terlalu besar atau kecil dengan bentuk yang tidak jelas pastinya membuat pengunjung tidak nyaman.
  6. No Pop Up windows
    Siapa yang tidak malas jika membuka sebuah website berisikan pop up. Pastinya anda sebagai seorang pemilik website pun juga akan malas jika menemukan hal ini kan? Untuk itu, maksimalkanlah konten dan hindari hal ini.
  7. Plugin
    Bagi seorang blogger, plugin berguna sebagai alat untuk membuat tampilan blog lebih menarik. Jangan lupa pasang plugin yang sesuai dengan platform website kamu agar tampilannya benar-benar bisa maksimal.

Tujuh karakteristik inilah yang akan menjadikan website kamu kebanjiran pengunjung. Nah, sudahkah website milikmu memiliki karakteristik di atas?

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.