Apakah Ukuran Penting dalam Mendesain?

Setiap desainer pasti sangat paham bahwa salah satu unsur yang harus diperhatikan saat mendesain adalah ukuran. Ukuran memiliki peranan yang penting karena mampu mengarahkan fokus seseorang dalam melihat maupun membaca suatu artikel. Pemberian ukuran pun tidak asal dan akan diperhitungkan dengan baik oleh para desainer. Lalu, fungsi apa sajakah yang didapatkan dengan memperhatikan unsur ukuran dalam desainmu?

 

Beberapa adalah fungsi dari unsur ukuran bila diterapkan dalam mendesain konten:

 

Screen Shot 2016-02-17 at 2.52.01 PM

 

1. Mengarahkan Fokus Pembaca

Nah, Pekku Goers, hal pertama apa yang kalian perhatikan saat melihat website milik Apple di atas? Tentu foto / ilustrasi dari produk Apple tersebut, bukan? Penempatan konten yang memiliki ukuran lebih besar di antara konten lainnya yang berukuran lebih kecil mampu mengarahkan fokus pembaca sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu ingin menekankan pada teks yang berisi pesan singkat tertentu, seperti promosi, iklan, pemberitahuan, maka gunakanlah ukuran yang cukup besar untuk menarik perhatian pembacamu. Bila kalian dapat menarik perhatian pembacamu dengan baik, bisa dijamin tujuan pesanmu juga dapat tersampaikan dengan baik.

 

2. Memberikan Susunan Hirarki saat Membaca

Selain dapat mengarahkan fokus pembaca, ukuran juga dapat membantu pembaca untuk menyimak konten sesuai dengan hirarkinya. Pembaca akan cenderung melihat atau membaca konten yang memiliki ukuran paling besar terlebih dahulu, lalu dilanjutkan ke ukuran yang lebih kecil, dan seterusnya. Bila susunan hirarki dapat terbaca dengan jelas, maka pesan yang kalian ingin sampaikan pun dapat diterima dengan berurutan dan mampu memberikan pemahaman yang baik. Namun sebaliknya, bila seluruh kontenmu memiliki ukuran yang sama, dapat dibayangkan pembaca akan merasa kebingungan dan bahkan salah mengartikan isi pesanmu.

 

3. Menampilkan Proporsi yang Baik

Pernahkah kalian melihat desain grafis atau desain website yang terlihat sederhana namun indah karena adanya permainan ukuran teks? Selain memiliki peranan yang sangat fungsional, ternyata unsur ukuran dapat memberikan fungsi estetika yang indah pula. Teks atau tipografi yang ditata sedemikian rupa dengan menggunakan berbagai ukuran, dari kecil hingga besar, mampu memberikan kesan sederhana dan modern. Hal ini juga berlaku pada elemen grafis lainnya, seperti fotografi, bangun geometris, dan sebagainya.

 

Sudahkah kalian memperhatikan ukuran elemen grafis pada desainmu?

 

Tips Pekku:

Penggunaan ukuran dalam mendesain media print dan digital sangatlah berbeda. Saat mendesain media print, gunakanlah satuan point (pt), sedangkan pada media digital gunakan satuan pixel (px). Kedua jenis satuan tersebut memiliki penghitungan ukuran dan hasil yang berbeda. Oleh karena itu, selalu perhatikan pada media apa hasil desainmu akan dieksekusi nantinya.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.