4 Bahasa Tubuh dalam Marketing yang Ampuh Menarik Pembeli

[Cover Blog] 38

Dalam pergulatan di dunia bisnis, memang kita perlu meyakinkan kepada pelanggan atau calon pelanggan kita untuk memperkenalkan produk akan dijual. Tingkat kepercayaan seorang konsumen dapat dilihat dari bagaimana cara kita melayani. Dengan menggunakan bahasa tubuh yang baik, dapat memberikan keyakinan terhadap konsumen kita.

Meskipun anda tidak bertugas di bagian staf khusus dalam penjualan, anda harus menguasai beberapa bahasa tubuh ketika masuk dalam dunia marketing.

Berikut ini beberapa bahasa tubuh yang harus anda pelajari ketika anda terjun dalam bidang marketing, antara lain:

  1. Tatapan mata yang meyakinkan
    Dengan bahasa tubuh kontak mata mata ini menjadi salah satu bahasa tubuh yang paling penting. Ketika anda menawarkan produk atau layanan kepada konsumen, kontak mata mata akan mempengaruhi. Misalnya jika anda sedang berkomunikasi, lalu tatapan mata anda mengarah ke tempat lain, dengan bahasa tubuh ini pastinya pelanggan akan merasa terabaikan. Itu merupakan tindakan yang tidak baik. Sebaiknya anda fokus terhadap pandangan mata konsumen, tataplah dengan tajam, maka energi keyakinan akan tumbuh disitu dan mendapatkan kesan yang baik oleh pelanggan.
  2. Berjalan dengan mantap dan semangat
    Ketika anda berjalan di ruang atau lokasi anda usaha, di toko, di kantor atau entah itu di mana tempatnya, lalu ketika calon pembeli masuk, janganlah anda menampilkan kesan malas dan enggan untuk menghampiri pembeli. Bahasa tubuh anda harus menunjukan rasa semangat dan menumbuhkan energi yang positif. Ketika melakukan bahasa tubuh ini, anda jangan berlebihan, cukup dengan menunjukan bahwa anda antusias dalam melakukan pekerjaan yang anda lakukan dan menyambut pembeli di tempat anda, ini sudah menunjukan bahasa tubuh yang baik. Lalu berjabat tanganlah dengan pembeli dan membungkukan badan agar memberikan kesan yang ramah.
  3. Senyum yang ramah
    Dalam melakukan aktifitas dalam dunia bisnis, kita perlu harus melakukan bahasa tubuh profesional. Ketika anda menyambut pembeli yang sedang datang, berikan senyuman ramah agar pembeli merasakan kenyamanan ketika ingin berkomunikasi atau membahas barang yang akan dibelinya. Meskipun hati anda sedang kacau, tapi ketika anda berhadapan dengan pembeli hendaknya jangan menampilkan kemuraman, sebab itu akan memberika kesan negatif terhadap pembeli. Dengan bahasa tubuh ini, pembeli akan merasakan kebebasan dalam memilih produk.
  4. Langkah cepat dan sigap
    Bahasa tubuh yang satu ini sangat penting anda lakukan. Jika ada pelanggan yang mengalami kesulitan ketika memilih atau mencoba produk yang ingin di belinya, hendaknya anda sigap membantunya. Misalnya ketika seorang membeli motor, hendaknya anda dengan sigap menyalakan dan menyiapkan motor agar siap di coba oleh calon pembeli. Walau bahasa tubuh ini merupakan hal yang sederhana, namun itu akan menunjukan kepedulian terhadap pelanggan, membuat pelanggan nyaman.

Jika anda menginginkan usaha anda terpandang dan banyak yang menyukai, berikanlah layanan yang terbaik untuk para calon pembeli dan pelanggan gunakan bahas tubuh yang baik. Dengan bahasa tubuh yang baik, akan memberikan dampak yang positif bagi konsumen, karena ini menjadi penentu seorang pembeli untuk memutuskan lanjut atau tidak. Jadi, gunakanlah bahasa tubuh yang baik untuk hasil terbaik.

 

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.