Baru Menekuni Bisnis Online? 7 Cara Ini Bisa Digunakan Untuk Meyakinkan Pelanggan

Pekku Goers, dalam menekuni bisnis online tentunya mendapatkan kepercayaan dari pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesanmu. Berbagai strategi tentu akan kamu lakukan sebagai upaya mendapat kepercayaan dari pelanggan bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan memang layak untuk dibeli. Buat kamu yang baru saja menekuni bisnis online, 7 cara ini mungkin bisa kamu lakukan untuk meyakinkan calon pelanggan kamu.

 

 

Pastikan Kualitas Produk Barang/Jasamu

Kualitas produk barang/jasa yang kamu tawarkan pada pelanggan perlu diperhatikan kualitasnya. Tidak hanya dari kualitas bahan, tetapi juga dari segi kemasan, isi produk (konten), rasa produk (jika makanan), serta pelayanan terhadap pelanggan. Jika kualitas produk kamu terbukti baik, maka pelanggan pun akan terpuaskan dan kembali menggunakan produk kamu di lain kesempatan.

 

Rutin Melakukan Promosi Produk

Kamu bisa mempromosikan tentang kelebihan produk untuk menarik perhatian calon pelanggan. Promosi ini bisa dilakukan dengan cara mendatangi pelanggan secara langsung atau melalui media sosial. Pastikan bahwa kamu melakukan promosi pada target pembeli yang tepat. Misalnya menawarkan produk berupa peralatan memasak pada pengelola restauran atau ibu rumah tangga, bukan kepada anak-anak dan remaja.

 

Bawalah Bukti Contoh Produk

Untuk semakin meyakinkan pelanggan, kamu juga harus membawa bukti contoh produk yang kamu tawarkan. Bukti contoh ini bisa berupa katalog, dummy, atau bahkan produk asli. Namun, jika produk yang kamu tawarkan adalah berupa jasa, maka buatlah portofolio tentang proyek-proyek yang pernah dilakukan olehmu. Beberapa pelanggan memang membutuhkan contoh nyata dari produk yang dijual agar semakin yakin untuk membeli produk berupa barang atau jasa yang kamu tawarkan apalagi jika kamu menekuni bisnis online.

 

Melakukan Demo Produk

Dalam menekuni bisnis online, kamu juga bisa melakukan demo produk, sehingga pelanggan bisa terlebih dulu merasakan produk yang kamu tawarkan. Hal ini penting agar pelanggan bisa semakin mempercayai produk yang kamu tawarkan. Utamanya bagi kamu pelaku bisnis bidang jasa atau kuliner, jangan sekali-kali ragu untuk memberikan free trial kepada calon pelanggan.

 

Berikan Kesempatan Bertanya

Terkadang pelanggan masih belum bisa memahami produk yang kamu tawarkan hanya dengan sekali penjelasan atau bahkan melalui tulisan-tulisan pada brosur, katalog, dan websitemu. Kalian dapat membuka kesempatan kepada mereka untuk bertanya terkait produk yang akan dibeli. Menekuni bisnis online juga menuntut kamu untuk bersikap sabar. Bersikaplah ramah kepada konsumen saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan agar mereka semakin tertarik dengan penjualan yang kamu lakukan.

 

Berikan Panduan Sampai Tuntas

Tidak hanya memberikan kesempatan bertanya, kamu pun harus memberi panduan sampai tuntas. Sebab tidak semua pelanggan memiliki pengalaman dalam bertransaksi secara  online. Ada kalanya pelanggan masih merasa awam dengan istilah-istilah yang ada pada transaksi online. Sebagai seorang pebisnis online yang baik, tugasmu adalah memberikan panduan kepada calon pelanggan mulai dari tahap pemesanan, pembayaran, hingga konfirmasi pembayaran.

 

Mintalah Testimoni Pelanggan Terdahulu

Kamu bisa meminta testimoni kepada pelanggan yang pernah menggunakan produkmu. Tujuan testimoni ini untuk memberikan gambaran kepada calon pelanggan berupa pengalaman nyata dari konsumen yang pernah merasakan produkmu secara langsung. Testimoni ini selanjutnya bisa kamu letakkan di dalam brosur, katalog, website, media sosial, atau media promosi lainnya.

 

Tips Pekku:

Kepercayaan adalah kunci sukses pelaku bisnis online. Tantangan terbesar dalam berbisnis online adalah bagaimana kamu dapat benar-benar meyakinkan calon konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan sebagai strategi untuk memperoleh kepercayaan dari pelanggan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Satu Komentar

Tulis komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.