Berbisnis dengan Instagram: Tips Memanfaatkannya agar Hasil Lebih Maksimal

Jika Pekku Goers seorang pengguna media sosial, tentu kalian sering menemukan berbagai jenis toko online di sana, bukan? Nah, memiliki bisnis dengan basis toko online memang memiliki keuntungan tersendiri. Selain tidak membutuhkan banyak biaya, berbisnis secara online juga memperbesar kesempatanmu untuk meraih pembeli dari seluruh dunia. Namun, jika kamu tidak dapat mengembangkan bisnis onlinemu di media sosial dengan baik, produkmu justru tidak akan dikenal dengan baik dan kehilangan kesempatan untuk menjangkau pembeli baru.

Tentu kamu tidak akan menginginkan hal ini terjadi, kan?


 

Sebagai media sosial, Instagram dikenal memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia dan memiliki kelebihan di sisi interaksi yang baik antar penggunanya. Kelebihan yang dimiliki oleh Instagram ini sangat memudahkan para pebisnis online untuk meningkatkan kesadaran target penjualan akan produk yang dimiliki dan memperluas jangkauan penjualan hingga ke seluruh dunia. Banyak sekali toko online sukses yang memulai perjalanannya dengan menggunakan Instagram namun tidak sedikit pula yang gagal karena tidak dapat memanfaatkan media sosial ini sebaik mungkin.

 

Lalu, bagaimana cara agar kalian dapat memanfaatkan media sosial Instagram agar dapat menjadi media yang tepat untuk mengembangkan bisnis onlinemu hingga sukses?

 

 

– Buatlah Strategi untuk Berbisnis Melalui Instagram

 

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis, hal dasar yang kalian butuhkan adalah dengan mempersiapkan strategi secara matang. Jika kalian ingin mulai membuat strategi, lakukan beberapa riset seperti melihat brand-brand yang telah ada di Instagram, termasuk calon kompetitormu nanti.

 

Selanjutnya, lakukan perencanaan pemasaran melalui media sosial yang akan menjadi panduanmu dalam berbisnis online, seperti tujuan berbisnis menggunakan media Instagram, frekuensi posting yang dibutuhkan, tema dan kalender untuk konten yang akan diposting. Tujuan yang dicapai untuk bisnis onlinemu  tidak harus selalu untuk memperoleh keuntungan namun juga dapat meningkatkan pengenalan dan pengetahuan pengguna Instagram akan produkmu serta trafik menuju website produkmu.

 

 

– Membangun Brand di Instagram

 

Setelah kalian siap dengan strategi berbisnis online via Instagram dengan matang, langkah selanjutnya adalah membangun brand produkmu di Instagram. Perlu kalian ketahui, Instagram memiliki tujuan untuk memberi kesempatan kepada para penggunanya untuk bercerita melalui visual. Jika kalian ingin menggunakan Instagram sebagai media untuk membangun brand, gunakanlah visual yang menarik. Bila perlu, kalian dapat bekerjasama dengan para pekerja kreatif seperti desainer grafis dan fotografer untuk menampilkan visual yang maksimal. Bila pengguna Instagram tertarik dengan tampilan visualmu, mereka tidak akan ragu-ragu untuk menjadi pengikut (followers) akun Instagram milik brandmu.

 

Sebagai saran, untuk memiliki visual yang menarik, kalian perlu mempertimbangkan gaya visual seperti apa yang sesuai dengan brandmu untuk ditampilkan di Instagram sejak awal. Kalian juga memilih satu jenis filter foto saja untuk diaplikasikan di hampir seluruh posting Instagram. Pengguna Instagram pun akan mudah mengenali akun brandmu jika gaya visual postingmu selalu identik.

 

 

– Berikan Interaksi dengan Pengguna Instagram

 

Tidak hanya sekedar tampilan yang indah dan menarik saja, pastikan di setiap postingmu memberikan interaksi dengan para pengguna, seperti: pernyataan, pertanyaan, survei, undangan untuk berkompetisi atau mengumpulkan hasil karya tertentu. Bila perlu, berikan hadiah kepada para pengguna yang telah berinteraksi dengan postingmu untuk memancing pengguna lainnya untuk ikut serta di kesempatan lain. Interaksi dapat juga dilakukan dengan merespon komentar dari pengguna Instagram dan menjadi pengikut (followers) akun Instagram dari pengguna yang telah menjadi pengikut akunmu terlebih dulu.

 

Gunakan pula fitur-fitur di Instagram seperti hashtag untuk memudahkan pengguna untuk menemukan brandmu dan tampilkan bukti-bukti seperti postingan yang berisi brand yang telah digunakan oleh konsumen agar terasa lebih meyakinkan. Jangan lupa untuk izin terlebih dahulu saat kamu melakukan repost dari posting konsumenmu.

 

Melalui interaksi yang diberikan, secara tidak langsung para pengguna telah terhubung dengan brandmu dan bahkan mendapatkan inspirasi dari postingmu sehingga bisnis onlinemu menjadi lebih dikenal di komunitas yang ingin kalian capai.

 

 

Semoga sukses!

 

 

 

Pekku Tips:

Kalian juga dapat menggunakan fitur Instagram Ads bila memiliki budget lebih. Untuk mempelajari tentang Instagram Ads, kalian dapat melihatnya DISINI .

 

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.