Biaya Pembuatan Website Sendiri dan Menggunakan Jasa

Biaya Pembuatan Website mungkin saja menjadi tanda tanya besar saat berencana untuk membuat website. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar khususnya bagi yang ingin membuat website untuk usaha yang sedang dalam proses pengembangan. Alasan utamanya tentu saja soal biaya yang bisa saja menguras kantong kita.

Membuat website itu memang membutuhkan biaya, minimal untuk membeli domain dan hosting, apalagi kalau menggunakan “jasa pembuatan website”. Tentu saja biayanya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan membuat website sendiri.

Biaya Pembuatan Website

Nah bagi Anda yang berencana untuk membuat website sebagai media pendukung dari usaha yang Anda jalankan, berikut kami sajikan informasi perkiraan biaya pembuatan website baik menggunakan jasa maupun membuat website sendiri :

Biaya Pembuatan Website Sendiri

Meski proses pembuatan website dikerjakan sendiri, jangan kira itu tanpa biaya. Seperti yang sempat disinggung di atas bahwa website itu butuh yang namanya domain dan hosting sebagai tempat untuk menyimpan data. Keduanya tentu butuh biaya baik bulanan maupun tahunan. Artinya Anda perlu membeli domain dan hosting sebagai dasar dalam membuat website sendiri.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan website walau sekedar modal domain dan hosting ? Harga domain dan hosting berbeda-beda antara perusahan webhosting yang satu dengan yang lainnya. Disini kami coba memberikan contoh salah satu perusahaan webhosting yang recomended (baxohost.com).

Harga Domain

Biaya Pembuatan Website

Harga Hosting

Biaya Pembuatan Website

Dari harga domain dan hosting di atas, kami coba ambil contoh pembuatan website dengan domain “.com” dan basic hosting. Berarti biaya yang kita butuhkan dalam pembuatan website ini sebesar :

  • Domain Rp 150.000 /tahun
  • Basic Hosting  Rp 15.000 / bulan berarti Rp 15.000 x 12bln = Rp 180.000 /tahun
  • Total Biaya Rp 150.000 + Rp 180.000 = Rp 330.000 /tahun

Jadi total biaya pembuatan website yang dibutuhkan sebesar Rp 330.000. Ini jika Anda mengerti cara membuat website sendiri dan memiliki waktu dalam mengerjakannya. Lalu bagaimana dengan biaya pembuatan website dengan mengguna Jasa ? Berikut ulasannya

Biaya Pembuatan Website Dengan Menggunakan Jasa

Jika Anda membuat website dengan menggunakan jasa, maka tak perlu repot untuk membeli domain dan hosting karena umumnya setiap jasa pembuatan website menawarkan jasanya sudah termasuk domain dan hosting, disamping itu Anda juga tak perlu menghabiskan waktu dalam mengerjakannya. Anda hanya tinggal menyediakan biaya dan menunggu proses pembuatannya selesai. Lalu berapa biayanya ?

Nah kalau berbicara soal biaya pembuatan website, setiap agency / perusahaan jasa pembuatan website memiliki harga masing-masing. Kami tidak dapat memastikan nominalnya, namun sebagai perkiraan, saat ini untuk membuat website company profile membuatuhkan biaya ± Rp 3.000.000 s/d belasan juta. Lagi – lagi tergantung dari perusahaan jasa yang Anda pilih, disamping itu juga tergantung dari fitur yang ada pada website itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan biaya website E-commerce ? Tentu saja lebih mahal karena fitur dan proses pembuatannya lebih kompleks dari sekedar website company profile. Jadi alangkah lebih baiknya jika Anda membuat website dengan mengerjakannya sendiri agar biaya yang dibutuhkan bisa diminimalisir sehingga dapat dialokasikan untuk modal usaha lainnya misalnya SEO (search engine optimization) maupun SEM (search engine marketing).

Sekarang sudah ada gambaran kan tentang Perkiraan Biaya Pembuatan Website Sendiri dan Menggunakan Jasa. Semoga dapat menjadi tambahan informasi dalam rencana pembuatan website usaha yang Anda jalankan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.