Blogger, Apakah Konten yang Kamu Tulis Sudah Seperti Ini?

Para blogger tentu sudah memahami bahwa mendapatkan banyak pembaca dan pengunjung blog bukanlah hal yang mudah. Semua bergantung pada konten yang kamu tulis pada laman blog tersebut. Tidaklah heran jika di awal pembuatan blog kamu harus sudah bisa menentukan tujuan dari pembuatan blog itu sendiri. Seandainya kamu membuat blog untuk tempat menulis cerita pendek, berbagi informasi seputar traveling, hingga bisnis online, maka semua konten yang ada pada blog kamu pun harus berada dalam jalur yang sama dengan tujuan pembuatannya. Namun, faktanya, tidak semua blogger tahu bagaimana cara membuat konten yang baik, benar dan juga menarik. Oleh karena itu, Pekku akan membagikan informasinya secara cuma-cuma buat kamu para Pekku Goers.

 

Buat Pembaca Penasaran Dengan Judul Yang Kamu Pilih

Daya tarik sebuah konten pada blog adalah judul artikel itu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memilih judul yang bisa membuat calon pembaca tersebut penasaran sehingga tertarik untuk membaca konten secara keseluruhan. Apabila judul yang kamu pilih kurang menarik dan terkesan membosankan, maka pembaca pun enggan untuk membaca kontennya secara keseluruhan. Kamu diwajibkan untuk dapat menciptakan judul yang singkat namun bisa menarik minat pembaca.

 

Menggoda Pembaca Sejak Paragraf Utama

Membuat pembaca tergoda untuk membaca konten secara keseluruhan harus dimulai bahkan sejak pembuatan alinea utama. Alinea utama yang baik haruslah menarik dan menimbulkan rasa penasaran pembaca. Bagian ini merupakan penentu apakah pembaca akan melanjutkan hingga ke bagian paling akhir atau justru meninggalkan blog kamu begitu saja. Tidak harus membuat alinea utama panjang, sebab yang terpenting adalah tulisan kamu harus bisa secara efektif membuat kalimat yang menarik dan tidak membosankan.

 

Gaya Bahasa Sesuai Dengan Target Pembaca

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan gaya bahasa konten dengan target pembaca yang kamu inginkan. Kalau blog yang kamu buat ditujukan untuk remaja, sebaiknya hindari penggunaan kalimat formal sebab bisa membuat pembaca tidak nyaman dan justru enggan membaca konten yang kamu buat. Sebaliknya, jika target pembaca kamu adalah usia dewasa atau secara spesifik disebutkan dengan pekerjaannya, maka kamu pun bisa menyesuaikan gaya bahasa tulisan kamu.

 

Singkat, Padat, dan Jelas

Pekku Goers, menulis konten untuk blog kamu sebaiknya dilakukan dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak semua pembaca memiliki banyak waktu luang untuk membaca tulisan kamu. Menulislah dengan singkat namun tetap akurat terutama ketika kamu harus memperhitungkan jumlah kata yang digunakan. Jangan membuat pembaca kebingungan dengan konten yang ada dalam blog kamu. Sangat disarankan untuk kamu menulis dengan menjaga kestabilan emosi sehingga tulisan yang dibuat tetap bersifat objektif.

 

Jujur Dan Orisinal

Kejujuran dan keaslian tulisan kamu sangat mempengaruhi pembaca. Perlu diingat bahwa akan ada banyak blogger lain yang juga menggunakan topik yang sama dengan yang kamu tulis, sehingga sangat disarankan buat kamu untuk menjadikan tulisan-tulisan terdahulu sebagai referensi, bukan tempat untuk penjiplakan. Jika tulisan yang kamu buat mengalir dan jujur maka pembaca pun akan senang dengan tulisan yang kamu buat. Konten itu pun tidak akan mengecewakan mereka sebab benar-benar terjamin keasliannya.

 

Tulisan Yang Ramah SEO

Istilah SEO mungkin sudah tidak asing lagi bagi para blogger. Menulis dengan menggunakan teknik SEO memang terbukti ampuh dalam menambah jumlah pengunjung blog kamu. Kamu bisa menambahkan kata kunci di dalam judul, paragraf pembuka, dan penutupan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jangan memenuhi konten dengan banyak sekali kata kunci. Hal tersebut justru akan membuat tulisan kamu tidak berguna. Membatasi jumlah kata kunci bisa menghasilkan tulisan yang tetap efektif baik untuk pembaca dan mesin pencari.

 

Tips Pekku:

Konten yang baik dimulai dari pemilihan judul yang menarik serta pengolahan alinea utama yang bisa menciptakan daya tarik tersendiri bagi para pembaca. Selain itu, usahakan untuk tetap menulis dengan singkat, padat, dan jelas agar tidak membingungkan pembaca. Kamu pun harus menjaga kejujuran serta keaslian tulisan yang dibuat sehingga tidak merugikan pihak lain. Kalau konten yang kamu tulis sudah memenuhi kriteria tadi, dijamin jumlah pembaca serta pengunjung blog kamu akan bertambah banyak.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.