Blogging Tips: Cara Menulis Blog bagi Pemula agar Menarik

Di dunia digital saat ini, blog menjadi salah satu media yang sedang berkembang pesat untuk memudahkan kita berinteraksi secara luas. Kehadiran blog juga mampu menjadi wadah bari para anak muda untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka secara positif. Pekku Goers mungkin menyadari akhir-akhir ini banyak sekali anak muda yang berprofesi sebagai food blogger, fashion blogger, travel blogger, dan sebagainya untuk memperoleh penghasilan sampingan dengan cepat serta mudah.

Siapa pun dapat menjadi seorang blogger. Tetapi, untuk menulis sebuah blog tentulah bukan hal yang mudah. Berikut adalah tips yang perlu diketahui bagi kamu yang ingin mulai menulis sebuah blog agar bisa menarik dan mencapai tujuan yang kamu inginkan:

 

  1. Tentukan Bidang Industri yang Dibahas

Penting untuk Pekku Goers ketahui, sebelum memulai persiapan untuk menulis sebuah blog, kalian perlu menentukan bidang industri yang ingin dibahas. Ketika sedang menentukan, pastikan jika kalian menyukai dan memiliki pemahaman yang dalam pada bidang industri tersebut. Jika ingin lebih mudah saat menentukannya, pilih bidang industri yang menjadi hobi kalian. Sebagai contoh, ketika kalian seorang profesional di dunia kreatif, tentu pembahasan yang berhubungan dengan kreatifitas akan lebih mudah kalian ulas daripada membahas seputar dunia olahraga, bukan?

 

  1. Temukan Fokus yang Dituju

Selanjutnya, tentukan target pembaca yang ingin kalian raih dari menulis blog ini. Penentuan target pembaca yang detil dan jelas akan sangat memudahkan kalian ketika menulis blog karena dapat membantu untuk menentukan jenis dan gaya bahasa dan elemen pendukung lainnya, seperti foto, yang akan digunakan.

 

  1. Jadilah Dirimu Sendiri

Ketika akan menulis, kalian perlu untuk menemukan gaya dan ciri khas yang dapat membuat dirimu nyaman. Jangan paksakan dirimu untuk meniru gaya penulisan orang lain karena justru akan membuat kalian jenuh dan tidak menyukai kegiatan ini. Bila perlu, carilah referensi dari blog lain yang memiliki gaya penulisan berbeda dan coba untuk menemukan ciri khasmu sendiri. Tulisan akan sangat mencerminkan personalitasmu dan biarkan pembaca blogmu mengetahui hal tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengembangkan gaya penulisanmu agar blogmu tidak terkesan monoton.

 

  1. Update Secara Berkala

Terkadang seorang penulis blog tidak akan mulai mengerjakan tulisannya jika belum menemukan mood yang tepat walaupun telah menemukan topik yang ingin dibahas. Hal ini bisa saja terjadi namun kamu harus berusaha untuk mendisiplinkan dirimu agar blogmu dapat selalu update. Jika kamu memiliki blog yang selalu update, tentu pembacamu akan selalu tertarik dan mau berkunjung. Kamu juga dapat memiliki seorang co-blogger untuk mengurangi tuntutan untuk memperbaharui blogmu.

 

  1. Berikan Ruang untuk Berkomentar

Komentar dari pembaca adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan blogmu. Kamu dapat terus memperbaiki kualitas blogmu agar semakin menarik dan juga menemukan inspirasi baru dari pembaca. Terkadang, ide yang ada di benak pembaca adalah hal-hal yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya. Selain itu, dengan menambahkan ruang untuk berkomentar, kamu juga sedang membangun komunikasi dua arah dengan pembacamu dan pemilik blog lainnya. Akhirnya, tanpa kamu sadari, kamu sedang membangun sebuah komunitas baru di dunia maya. Asik, bukan?

 

  1. Gunakan Elemen Grafis

Pembaca saat ini lebih tertarik dengan hal-hal yang menarik visual mereka. Tidak hanya monoton berisi tulisan, untuk menjadikan sebuah blog menarik juga akan membutuhkan elemen grafis seperti foto dan video. Sisipkan elemen grafis di bagian yang relevan dan jangan gunakan berlebihan karena akan mengubah fokus pembacamu.

 

  1. Sediakan Waktu untuk Editing

Pada saat kalian telah selesai menulis blog, jangan langsung dipost! Berikan hasil tulisanmu kepada orang lain dan biarkan mereka membacanya. Dengan begitu, kalian dapat menemukan kesalahan yang tidak sengaja dibuat sehingga tulisan blogmu akan semakin sempurna.

Kalian juga perlu memperhatikan kembali tiap kalimat dan paragraf yang telah ditulis dan hilangkan kalimat-kalimat yang memiliki makna sama agar paragrafmu menjadi padat dan jelas.

 

Pekku Tips: Kalian dapat membangun blog sesuai keinginanmu dengan menggukanan Pekku.com. Pekku.com dapat memberimu kemudahan untuk memiliki website secara instan dan tidak mengeluarkan banyak biaya serta dapat didesain sekreatif mungkin.

Klik link https://pekku.com untuk mulai membuat blogmu sendiri!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.