Blogging Tips: Website Berkualitas yang Menarik Pengunjung

Blog merupakan salah satu fitur yang berperan penting terhadap trafik pengunjung websitemu. Untuk memberikan nilai tambah bagi websitemu, sebagai seorang pemilik website, kamu perlu menyediakan blog yang berkualitas dengan didukung oleh konten-konten informatif. Menyediakan blog yang berkualitas terlihat sederhana namun sebenarnya tidak mudah untuk diterapkan.

Kali ini, Pekku ingin membagikan tips yang bisa memberimu inspirasi agar Pekku Goers dapat menyajikan blog berkualitas dan menarik pengunjung websitemu. Sebuah blog dapat dikatakan berkualitas jika memiliki ciri-ciri seperti berikut:
1. Konten yang memberikan manfaat bagi pembaca serta dijabarkan dengan padat dan jelas
2. Informasi konten yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya
3. Konten yang tidak monoton berisi tulisan agar dapat menghibur pembaca (sediakan elemen grafis seperti foto, gambar bergerak, dan video)
4. Orisinilitas konten yang tidak hanya menggabung-gabungkan karya tulis dari berbagai narasumber namun juga berisi hasil pemikiran pribadi
5. Tidak menyertakan iklan popup & musik sebagai latar belakang blog Lalu, apa saja ciri-ciri dari blog yang kurang berkualitas dan perlu kalian hindari?

Waktu tunggu saat membuka blog yang terlalu panjang – Bagi para pengunjung blog, waktu tunggu yang terlalu lama akan sangat melelahkan dan membosankan. Hal pertama yang harus diperhatikan agar waktu tunggu blogmu tidak terlalu lama adalah dengan memperhatikan ukuran konten, khususnya elemen grafis, yang kamu sertakan di dalamnya. Semakin kecil keseluruhan ukuran blogmu, maka semakin maksimal pula kecepatan waktu tunggu sehingga pengunjung tidak perlu menunggu lama saat membuka halaman blogmu.

Penempatan widget yang tidak tepat – Biasanya, di dalam sebuah blog terdapat widget yang berupa fans page maupun tombol share. Fungsi dari widget ini adalah untuk memberikan layanan tambahan yang dapat mempermudah pengunjung blog. Nah, seringkali penempatan widget ini tidak tepat sehingga mengganggu tujuan utama dari para pengunjung blog tersebut. Sebagai pemilik blog, Pekku Goers dapat memperhatikan penempatan widget agar fungsi utamanya dapat berjalan sempurna.

Penggunaan iklan yang berlebihan – Pemberian tempat untuk beriklan pada blog dapat memberikan penghasilan tambahan bagi pemilik blog itu sendiri. Namun, sama halnya dengan widget, penempatan dan jumlah iklan yang akan ditampilkan harus diperhatikan serta diperhitungkan dengan baik agar tidak mengganggu kenyamanan dan konsentrasi pembaca. Selain itu, jumlah iklan yang berlebihan dapat mengganggu kecepatan waktu tunggu saat membuka halaman blog itu sendiri.

Isi konten yang hanya menyalin – Selalu perhatikan isi konten ketika kamu sedang menulisnya. Jika konten blogmu terlalu banyak menyalin daripada berisi argumentasi dan hasil pemikiranmu sendiri, maka akan memberikan dampat yang kurang baik bagi blogmu. Bagi pengunjung yang membaca konten blog hasil salinan dari karya tulis lain akan terkesan tidak orisinal dan profesional. Lebih buruknya lagi, jika Google mendapati bahwa banyak hasil tulisan di blogmu hanya menyalin saja, maka kamu akan diberi peringatan untuk menghapus konten tersebut dan bahkan blogmu akan ditutup.

Blog ‘Blunder’ – Pada saat menulis konten untuk blog, hal yang perlu diperhatikan adalah keterkaitan antara topik, judul, dan isi yang akan dijabarkan. Blog ‘Blunder’ adalah istilah bagi blog yang memiliki topik, judul, dan isi yang tidak saling berhubungan. Penting untuk diingat bagi Pekku Goers yang memiliki blog, jangan menulis konten hanya agar blogmu tetap aktif, namun tulislah konten yang dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru serta bila memungkinkan dapat menyelesaikan permasalahan pembaca blogmu. Jika para pembaca tersebut mendapati bahwa blogmu sangat informatif, bukanlah hal yang tidak mungkin bila mereka kembali ke blogmu di lain waktu untuk mencari informasi lainnya.

Tips Pekku : Jika kamu adalah penulis bagi blogmu sendiri, selalu perhatikan dan kelola blogmu dengan baik serta luangkan waktu untuk segera memperbaiki kekurangan yang ada. Bila kamu ingin blogmu lebih fokus, gunakan tidak lebih dari 5 tag agar tidak terdeteksi sebagai SPAM. Selamat Menulis!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.