Cara Membuat Landing Page yang Efektif

[Cover Blog] Vector-23A

 

Sebagaimana yang kita ketahui landing page merupakan halaman yang efektif untuk menarik para calon pelanggan. Display penawaran yang sangat bagus dengan dukungan iklan PPC yang sempurna tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan landing page yang sempurna. Untuk itulah desain halaman satu ini haruslah dibuat semenarik dan seefektif mungkin. Nah, pertanyaan inilah yang kerap diajukan oleh para pebisnis online dan akan kita bahas secara singkat cara membuat landing page pada postingan kali ini.

  1. Desain yang terorganisir dan bersih
    Rasa, penampakan serta struktur desain halaman akan berperan terhadap keefektifitasan serta bagaimana konversi landing page ini terhadap bisnis anda. Ingat tujuan utama membuat landing page adalah mengkonversi pengunjung mulai dari melakukan transaksi, mengunduh e-book, ataupun hanya sekedar mengisi form.
    Desainlah sebuah halaman pendaratan yang sederhana dengan gambar serta warna yang eye-catching. Gunakan warna hijau atau merah karena kedua warna ini dinilai mampu meningkatkan konversi landing page anda. Uji semua tombol yang ada untuk memastikan bahwa landing page yang anda miliki bekerja dengan baik.
  2. Buatlah seminimalis mungkin
    Buatlah sebuah landing page dengan navigasi alami dan hindari pop up. Tambahkan segala informasi yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan sehingga pengunjung mampu terkonversi. Buat seminimalis mungkin sehingga pengunjung tidak kebingungan ketika memasuki landing page, usahakan dengan menjelaskan segala hal secara padat, jelas dan juga singkat. Perhatikan pula susunan landing page milik anda. Pertimbangkan apa yang harus diletakkan pada pandangan awal dan apa yang harus di letakkan di halaman bagian bawahnya atau buatlah sebuah video.
  3. Header untuk memaksimalkan tawaran
    Sebuah landing page haruslah mampu memberikan penawaran yang kuat sehingga siapapun yang melihat bisa tergoda. Letakkanlah tawaran ini pada bagian header sehingga manfaatkanlah dengan baik penggunaan headline beserta sub heading nya. Bahkan beberapa landing page memaksimalkan proporsi mereka dengan menggunakan headline utama dan juga subheading sebagai sarana pendiskusian penawaran. Ingat, landing page hanya akan bekerja beberapa detik saja, sehingga anda harus meyakinkan pelanggan dalam waktu yang cukup singkat bahwa yang anda tawarkan benar-benar layak untuk mereka.
  4. Pastikan mobile friendly
    Kemajuan teknologi yang tidak terkendali memaksa para pebisnis harus memutar otak khususnya mengaktifkan landing page pada mobile atau dikenal dengan mobile friendly. Sebagaimana diketahui sekarang ini 30% aktivitas web berasal dari perangkat mobile, sehingga optimasi satu ini dijamin bisa menjaring konsumen jauh lebih banyak.
  5. Gunakan landing page yang berbeda untuk audiens yang berbeda
    Setiap audiens memiliki perbedaan tujuan tergantung dari mana mereka datang sehingga anda harus bisa memprediksi dengan tepat sekiranya landing page seperti apakah yang bisa menarik pengunjung. Buatlah beberapa landing page untuk audiens yang berbeda seperti dari Facebook, Twitter, iklan PPC, newsletter, dll.
  6. Uji coba landing page
    Taraf terakhir ketika anda telah membuat landing page adalah melakuakan pengujian. Sebuah landing page yang terbukti efektif bisa dibuktikan dari sedikitnya uji yang dilalui. Ingat, uji coba sangatlah penting khususnya untuk melacak seberapa berhasilnya landing page anda untuk menjaring konsumen.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat landing page yang efektif. Buatlah semaksimal mungkin agar nantinya hasil yang dicapaipun bisa maksimal. Selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.