Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah dan Gratis

Cara membuat website menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari khususnya bagi mereka yang ingin memiliki website sendiri tanpa harus menggunakan “jasa”. Namun tak sedikit yang bingung dan harus memulainya dari mana, biasanya kendala utamanya adalah “ketidak fahaman” kita tentang bahasa programing / coding yang memang sangat dibutuhkan saat ingin membuat suatu website.

Nah jika Anda ingin membuat website sendiri tanpa harus ribet dengan yang namanya bahasa programing, saat ini sudah tersedia Platform Drag and Drop yang dapat kita manfaatkan untuk membuat website sendiri dengan cepat, mudah dan gratis.

Salah satu platform pembuatan website (Website Builder) yang memberikan kemudahan bagi penggunanya adalah Pekku.com. Selain sangat mudah dioperasikan, pekku.com juga memiliki berbagai fitur menarik dan tentunya sangat bermanfaaat, apalagi jenis website yang akan dibuat merupakan website untuk Company Profile dan Ecommerce.

Cara Membuat Website Sendiri

Lalu bagaimana cara membuat website sendiri dengan mudah dan gratis ? Jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka Anda dapat menyimak tutorial cara membuat website sendiri seperti pada pembuatan website company profile di bawah ini.

Daftar Akun

Pertama silahkan menju pekku.com lalu buatlah akun disana. caranya daftar akun dengan mengklik “login / daftar ” pada pojok kanan atas seperti pada gambar berikut.

Cara Membuat Website Sendiri

Kemudian isi form yang sudah disediakan, Anda perlu memasukkan domain atau nama website yang akan dibuat, nama lengkap, email, nomor telepon, tanggal lahir dan pasword. Perhatikan dan silahkan diingat alamat email dan pasword  yang Anda masukkan, kalau perlu silahkan dicatat karena email dan pasword ini akan digunakan saat login ke akun website Anda. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Membuat Website Sendiri

Jika proses pendaftaran sudah selesai, selanjutnya silahkan buka email yang sudah Anda daftarkan tadi, maka akan ada email verifikasi yang dikirimkan oleh pekku.com. Nah selanjutnya klik tautan pada email tersebut untuk mengaktifkan akun Anda. Jika semua proses tadi sudah selesai, sekarang saatnya melanjutkan proses membuat website sendiri dengan cara drag and drop.

Login

Proses membuat website sendiri menggunakan pekku.com dapat Anda lakukan dengan cara Login ke akun yang sudah Anda buat barusan. Caranya seperti pada tahap pertama (lihat gambar pada bagian buat akun), lalu login dengan memasukkan alamat email dan paswordnya. Maka Anda akan dibawa ke halaman backend / halaman admin website, lalu klik atur site seperti pada Gambar dibawah ini :

Cara Membuat Website Sendiri

Proses membuat website sendiri selanjutnya dengan mengexplore fitur-fitur yang ada pada pekku.com. Disini sangat banyak fitur / fasilitas yang dapat Anda gunakan dalam membuat website baik company profile maupun website untuk toko online (E-commerce). Kami tidak menjelaskan fitur pekku secara detail disini, Anda bisa mengexplorenya sendiri agar dapat lebih memahami dengan cara mempraktekkannya secara langsung.

Kembali lagi ke pembahasan Cara Membuat Website Sendiri, setelah mengklik “atur site” Anda akan di bawa ke halaman “pekku editor”, nah disinilah inti dalam membuat website sendiri menggunakan fitur drag and drop. Semuanya dapat dengan mudah dikerjakan, tak perlu coding atau ribet dengan code-code html, css, php etc. Anda tinggal mendesain website sesuai dengan yang Anda inginkan, upload gambar dan meletakkannya pada bagian-bagian yang Anda inginkan. Jika tidak ahli dalam mendesain website ? Tenang saja, disini Anda bisa memilih desain template yang sudah disediakan lalu mereplace / menggantinya dengan gambar dan wording sesuai dengan usaha / barang yang Anda jual. Caranya bisa lihat pada gambar berkut :

Cara Membuat Website Sendiri

Klik ikon jeruji pada bagian samping kiri seperti pada gambar di atas, selanjutnya ubah tema sehingga anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan beberapa pilihan tema dengan desain menarik dan profesional. Anda tinggal pilih sesuai dengan jenis usaha Anda, misalnya fashion, food and drink etc. Berikut tampilan setelah Anda mengklik “Ubah Tema” :

Cara Membuat Website Sendiri

Jika sudah menemukan tema yang cocok untuk website yang Anda buat sendiri, selanjutnya silahkan klik “Pakai Template” pada bagian pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini. :

Cara Membuat Website Sendiri

Jikas sudah Anda pilih selanjutnya tinggal mengganti gambar-gambar dan wording website sesuai dengan usaha yang Anda jalankan.

Tutorial Cara Membuat Website sudah hapir selesai, kini Anda hanya perlu belajar bagaimana menggunakan fitur-fitur di dalam pekku editor, misalnya cara mengupload gambar dan meletakkannya di website, lalu mengganti menu navigasi dan link-link di dalamnya serta fitur-fitur yang lainnya.

Tak perlu berfikir ini sulit, justru akan sangat mudah jika ini semua dipraktekan secara langsung. “Upload, Drag and Drop” hanya tiga kata ini yang akan sering Anda lakukan saat mengatur tampilan website pada pekku.com. Jadi sangat mudah dilakukan tanpa ribet dengan istilah-istilah lainnya dalam “cara membuat website”.

Melanjutkan proses pembuatan website pada tutorial ini, selanjutnya replace / menggati gambar dan wording pada template / tema yang sudah dipilih. Anda hanya perlu meklik bagian gambar lalu menggantinya dengan gambar milik Anda sendiri sesuai dengan yang Anda inginkan. Perhatikan gambar berikut :

Cara Membuat Website Sendiri

Lalu centang pada bagian lingkaran merah, selanjutnya klik pilih. Anda juga dapat menambahkan gambar langsung dari komputer.

Cara Membuat Website Sendiri

Maka tampilannya akan menjadi seperti gambar berikut :

Cara Membuat Website Sendiri

Jika ingin mengubah foto yang lainnya, Anda dapat melakukan cara yang sama seperti pada tahap di atas. Untuk fitur yang lainnya, Anda bisa mengexplore pada bagian editor. Semakin sering Anda membuka dan mengedit website Anda sendiri, semakin cepat pula kemampuan dalam mengoperasikan platform ini. Jika sudah selesai, maka tampilannya akan seperti pada contoh website berikut :

Cara Membuat Website Sendiri

Bagaimana sangat mudah kan membuat website sendiri dengan platform drag and drop ? Jadi tunggu apa lagi, silahkan buat website Anda sendiri dengan platform gratis yang satu ini, sayang sekali bagi Anda yang memiliki usaha sendiri namun hingga saat ini masih belum memiliki website mengingat potensi Internet Marketing yang dapat menjaring customer dari seluruh Indonesia bahkan dunia.

Demikian sedikit Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah dan Gratis. Semoga informasi ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat website sendiri dengan cara cepat, mudah dan gratis.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.