Cara Mengajak Pelanggan Menjadi Tim Promosi Anda

      [IG] 40

          Tahukah anda bahwa seorang pelanggan yang puas terhadap pelayanan sebuah toko online dengan sendirinya akan masuk menjadi tim promosi via media sosial? Media sosial menjadi sebuah media yang paling ampuh khususnya dalam hal menjaring konsumen. Tim yang cekatan, pelayanan yang baik, kualitas tinggi dan harga yang bersahabat inilah yang akan memperkuat branding bisnis anda. Dengan promosi langsung dari konsumen, maka branding andapun akan semakin kuat. Tahukah anda bagaimana cara untuk menjaring pelanggan menjadi tim promosi di media sosial? Berikut ini akan kami berikan beberapa cara sederhananya.

  1. Sistem yang terorganisir
    Dimanapun dan apapun usahanya semuanya membutuhkan sistem. Pastikan semua sistem meliputi penanganan order, persiapan bahan baku, pengolahan hingga pengiriman terorganisir dengan baik. Semakin baik sebuah sistem maka tingkat keefisiensinan waktu pengerjaannyanyapun juga semakin tinggi. Sistem yang baik akan membuat anda lebih mudah untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan akan puas dan merekomendasikan bisnis yang anda kelola via media sosial.
  2. Komunikasikan dengan baik
    Ketika berada di media sosial, pastikan untuk tidak berperan seperti robot atau mesin penjawab otomatis. Ingat, manusia adalah makhluk sosial sehingga ciptakan hubungan yang interaktif dan akrab kepada semua pelanggan anda. Hindari menjadi mesin penjawab otomatis yang kaku karena hal ini akan membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Panggilah dengan santun nama mereka dan jawablah dengan tepat setiap pertanyaan, hal ini jauh akan membuat mereka merasa lebih nyaman sehingga tidak akan segan untuk bergabung menjadi tim promosi sukarela.
  3. Fast respon
    Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga jangan salahkan mereka jika terkesan terburu-buru. Untuk itulah dibutuhkan tim yang cekatan untuk menjawab dengan cepat dan tanggap akan segala hal yang ingin mereka ketahui.
  4. Transparan itu penting
    Menjawab pesan secara pribadi memang baik, namun tidak ada salahnya jika anda menjawab pertanyaan di timeline. Mungkin saja kelak akan ada pelanggan lain yang memiliki pertanyaan yang sama sehingga mereka akan terbantu dengan penjelasan singkat, cepat dan tepat sasaran yang anda berikan. Tentunya ini akan membuat pelanggan memiliki rasa respect.
  5. Konsisten di semua media sosial
    Media sosial memang ada banyak, namun jawaban akan sebuah pertanyaan yang sama haruslah sekata alias konsisten. Jangan sampai pelanggan bingung karena perbedaan jawaban antar media sosial. Dengan keseragaman, kekompakan dari jawaban yang diberikan akan membuat pelanggan mengakui kredibilitas bisnis anda dan pastinya akan membuat mereka lebih yakin dan setia.

Dalam sebuah bisnis, pelanggan yang loyal merupakan harta yang sangat berharga. Mereka tidak akan segan untuk mempromosikan bisnis yang anda miliki secara sukarela. Nah, sudahkan bisnis anda memilikinya? Jika belum jaringlah mereka dengan mencoba tips diatas.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.