Cara Meningkatkan Traffic Kunjungan Ke Toko Online

Mempunyai toko online tanpa pengunjung terasa hanya sia-sia belaka. Mana mungkin akan ada pembeli kalau pengunjungnya saja enggan untuk mampir.
Suatu saat mungkin trafficmu sedang turun, maka kamu harus mencari trik untuk meningkatkan traffic. Tidak ada jaminan bahwa yang mengunjungi toko onlinemu pasti akan melakukan transaksi tetapi setidaknya peningkatan kunjungan akan memperbesar peluang orang-orang untuk membeli produk yang kamu jual.

1. Daftar di social networking.
Social networking sangat banyak sekali di antara yang paling ngetop adalah facebook dan twitter. Banyak orang yang memiliki sosial media, misalnya facebook atau twitter, hanya sekedar untuk update status. Padahal sebagai pebisnis online ada fungsi lain yang lebih besar daripada hanya sekedar update status.
Kamu bisa melakukan promosi produk dengan mengupdate link produkmu di status, upload dan tag foto ke teman-temanmu, atau juga membuat group dan fan page untuk bisa berinteraksi ke pelanggan maupun calon pelanggan. Hal itu akan membantu jika kamu mempunyai produk baru maka dapat mengirimkan pesan ke semua member yang ada di group. Namun jangan terlalu sering untuk mengirim pesan atau meng-tag foto secara sembarangan karena akan membuat member menjadi tidak nyaman dan memilih keluar dari group.

2. Daftar di katalog atau direktori online.
Selain dapat meningkatkan traffic, direktori ini juga bisa meningkatkan page rank web toko onlinemu. Beberapa direktori yang cukup terkenal misalnya Dmoz.org, Directory.Google.com, atau Dir.Yahoo.com. Sebelum memasukkan direktori kamu perlu membaca aturannya terlebih dulu karena kalau tidak sesuai tidak akan dimasukkan ke dalam direktori tersebut.

3. Daftar ke mailing list (milist).
Email menjadi suatu keharusan untuk dimiliki karena email merupakan alat komunikasi di internet yang bisa dipakai untuk mengirim dan menerima data. Salah satu fasilitas dari email yaitu dengan adanya group email atau dikenal dengan sebutan “milist”.

4. Blog walking.
Berkunjung tidak hanya dilakukan di dunia offline, tetapi bisa dilakukan lewat online. Sering-seringlah berkunjung ke blog orang lain, baca artikel di blog dan berikan komentar yang berkualitas dan jangan lupa untuk memberikan link toko online dibagian kahir akhir komentar.

5. Cobalah aktif di forum.
Forum online merupakan tempat diskusi dimana semua yang terdaftar dalam forum tersebut bisa berdiskusi sehingga ada interaksi sesama anggotanya. Coba untuk daftar ke forum-forum yang berhubungan dengan produkmu. Jangan gunakan forum hanya untuk ajang promosi, tetapi berbagilah kepada mereka yang membutuhkan informasi dan kontribusimu.

6. Manfaatkan tool statistik.
Kamu bisa memanfaatkan tools yang dapat membantu untuk melihat statistik pengunjung ke wes toko onlinemu. Selain itu melihat hasil, juga bisa digunakan untuk “Test and Measure” untuk evaluasi dari mana saja traffic atau pengunjung berasal dan dengan keyword atau keyphrase apa web toko onlinemu di klik di google.
Beberapa tools yang mungkin bisa kamu gunakan adalah Google Analytics, AW Stats (bawaan CPanel), Sistemeter, Histats, dan banyak tools yang lain dan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Begitulah beberapa point yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan traffic kunjungan toko onlinemu dan tentunya juga akan berpengaruh pada tingkat penjualanmu. Semoga tips di atas bisa membantu Pekku Goers dalam meningkatkan traffic bisnis.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.