Domain Website Ternyata Ada Tingkatannya. Kamu Termasuk Yang Mana?

Domain website merupakan sebuah alamat atau nama yang digunakan untuk mengenali alamat server sebuah perusahaan. Domain website dapat memudahkan pengguna untuk mengingat situs perusahaan dengan mudah. Hal ini tentu lebih mudah bagi pengunjung jika dibandingkan dengan mereka harus menghafal deretan angka-angka IP yang relative rumit. Tahukah kamu bahwa domain website ternyata memiliki tingkatan?

 

Top Level Domain

Tingkatan pertama untuk domain website yaitu Top Level Domain atau TLD yang merupakan deretan kata di belakang nama. Misalnya, .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .edu (doteducation), dan lain sebagainya. Kemudian, TLD dapat dipilah kembali menjadi dua bagian, Global Top Level Domain (Gtld) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah level domain yang digunakan bagi pengguna global, sedangkan ccTLD digunakan khusus untuk menunjukkan Negara-negara tertentu, misalnya Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, atau go.id dan seterusnya).

 

Second Level Domain

Tingkatan domain website selanjutnya adalah Second Level Domain atau SLD. SLD merupakan domain yang dibeli untuk kemudian didaftarkan sesuai keinginan. Pada umumnya, kamu akan dikenakan biaya registrasi yang wajib diperbarui paling singkat satu tahun. Contoh dari penggunaan Second Level Domain adalah menggunakan nama perusahaan atau nama kamu di depan TLD, contohnya Pekku.com, Pekku adalah SLD dan .com adalah TLD.

 

Third Level Domain

Third Level Domain ini disebut juga dengan sub domain, dimana pembuatannya dapat dilakukan tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sub domain ini dapat dibuat setelah kamu mempunyai domain SLD dengan tambahan hosting. Umumnya pebisnis online menggunakan sub domain untuk menaikkan jumlah kunjungannya melalui sebuah blog untuk website bisnisnya, seperti yang juga dilakukan oleh Pekku. Penyusunan sub domain seperti blog.pekku.com, dengan rincian Blog adalah sub domain atau Third Level Domain, Pekku adalah SLD, dan .com adalah TLD.

Setelah memahami tingkatan domain website tadi, kira-kira domain websitemu termasuk yang mana, ya?

 

Tips Pekku:

Memberikan nama domain website dapat memudahkan pengunjung untuk mengingat brand perusahaan maupun nama perusahaanmu. Tingkatan domain website di mulai dari tingkatan tertinggi, yaitu Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD) atau yang disebut juga sub domain, dan Third Level Domain yang dibuat setelah mendapatkan hosting.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.