Dominasi Otak Konsumenmu dengan Branding! – bagian 1

Branding ternyata tak hanya bermanfaat bagi produsen tapi juga bermanfaat bagi konsumenmu. Konsumen yang telah terpikat dengan branding yang sukses akan susah untuk berpaling, hal yang sangat diinginkan termasuk oleh pelaku UKM sepertimu kan? Sebagai produsen yang baik, tentu kita akan menggunakan strategi branding yang akan mendominasi pikiran konsumen sekaligus membantu konsumen dengan memberikan beragam manfaat branding berikut ini.

1. Identifikasi Produk

Thu-3-1

Ketika kita berhasil melakukan branding, maka konsumen akan lebih mudah melakukan identifikasi produk. Hal ini dikarenakan secara visual produk kita mampu terdiferensiasi dengan baik di antara kompetitor atau kategori produk lain. Misalkan, jika kamu berjalan dengan kecepatan cukup tinggi di jalan raya, namun kau teringat harus mampir ke minimarket membeli sesuatu, maka kamu bisa dengan mudah mengenali Indomaret atau Alfamart dari papan nama tokonya. Hal ini akrena identitas mereka cukup baik dan sudah cukup dikenal. Hal ini bisa dilakukan walau di kanan-kiri mereka ada toko-toko lain.

 

2. Perbandingan Ketika Berbelanja

Thu-3-2

Kadang konsumen membutuhkan perbandingan ketika berbelanja antara dua produk atau lebih pada kategori yang sama. Misalnya untuk kategori pasta gigi untuk gigi sensitive, setidaknya ada 2 pemain besar yaitu Pepsodent dan Sensodyne. Konsumen akan memilih brand yang paling kuat persepsinya dibenak si konsumen.

 

3. Efisiensi dalam Berbelanja

Thu-3-3

Branding yang berhasil bisa juga membantu konsumen ketika berbelanja yaitu dalam hal efisiensi. Ketika konsumen sudah memiliki pilihan brand, maka ketika berbelanja ia tidak perlu lagi mencari, mengeksplorasi hingga melakukan perbandingan. Ia akan langsung mencari lokasi di mana brand itu berada. Misalnya ketika seorang konsumen sudah loyal dengan Indomie, maka ia akan langsung masuk ke etalase di mana kategori mie instan berada, dan ia bisa dengan segera mendapatkan produk yang dicarinya tersebut dengan mudah dan cepat.

 

Pekku masih punya 3 manfaat branding bagi konsumen lainnya yang akan kami bagikan besok. Stay tune selalu dengan Blog dan Media Sosial Pekku supaya bisnismu makin sukses dan makin melekat dalam ingatan konsumen. Bersama Pekku, berbisnis menjadi MUDAH!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.