Dominasi Otak Konsumenmu dengan Branding! – bagian 2

Branding ternyata tak hanya bermanfaat bagi produsen tapi juga bermanfaat bagi konsumenmu. Konsumen yang telah terpikat dengan branding yang sukses akan susah untuk berpaling, hal yang sangat diinginkan termasuk oleh pelaku UKM sepertimu kan? Kemarin Pekku telah bagikan 3 manfaat branding bagi konsumen, berikut adalah 3 manfaat lain yang juga perlu kamu ketahui.

1. Penerimaan Produk Lebih Mudah

Sebuah produk baru yang dikeluarkan oleh sebuah brand yang sudah cukup kuat positioningnya dibenak konsumen akan jauh lebih mudah di terima oleh konsumen. Contohnya, ketika Tropicana Slim sebagai brand yang peduli dengan kesehatan mengeluarkan Low Fat Noodles, produk baru itu lebih mudah diterima oleh segmen yang disasarnya. Hal ini mengingat reputasi brand yang dijadikan umbrella brand-nya sudah demikian kuat menancap di benak konsumen. Namun, hati-hati ketika melakukan eksteksi yang terlalu massif, perlu juga dipertimbangkan bagaimana persepsi brand tersebut setelahnya.

 

2. Meningkatkan Citra Diri

Bagi konsumen, sebuah brand bisa jadi bukan saja memenuhi kebutuhan primer atau sekudernya. Terkadang sebuah brand menjadi penguat citra diri si konsumen. Misalkan, seorang konsumen bisa sangat bangga “terlihat” menggunakan produk Apple seperti iPhone, iPad atau MacBook. Logo “Apple” dalam setiap benda itu seperti menunjukkan “kelas” si pengguna. Seseorang akan jauh lebih percaya diri memegang gadget dengan logo tersebut di banding merk lain yang belum cukup terkenal/masih dipertanyakan kualitasnya.

 

3. Meningkatkan Loyalitas

Branding yang berhasil akan meningkatkan loyalitas konsumen, sehingga mereka sulit berpaling ke produk lain, betapa pun kuatnya gempuran pemasaran dari kompetitor lain. Di Indonesia, konsumen Teh Botol Sosro kemasan botol bisa sangat kuat posisinya bahkan saat ditandingkan dengan “pemain level dunia” sekelas Coca-Cola. Awareness konsumen akan Teh Botol Sosro sudah begitu kuat hingga di banyak tempat di berbagai rumah makan ia bahkan menjadi salah satu menu yang direkomendasikan.

 

Masih meremehkan pentingnya branding setelah tahu fungsinya bagi konsumenmu? Ayo brandingkan bisnismu dengan cerdas, salah satunya melalui website profesional namun tidak menguras tabungan liburan akhir tahunmu. Kalau masih berpikir punya website perlu biaya jutaan, pikir lagi! Sebab Pekku hadir untuk memberikan pilihan pembuatan website dengan harga sangat terjangkau. Hubungi Pekku segera dan buktikan sendiri.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.