Efektifkah Email Marketing Hingga Saat Ini?

Pekku Goers, apakah kalian masih menerima email marketing? Salah satu strategi marketing yang diyakini masih memiliki efektifitas tinggi hingga saat ini adalah email marketing. Beberapa perusahaan besar dan bisnis online masih mengirimkan email marketing dengan tujuan utama untuk menjalin hubungan yang baik dengan klien dan konsumen mereka. 

 

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat para pemasar masih mempercayai efektifitas email marketing dan menggunakannya hingga saat ini:

 

Efektifkah email markketing hingga saar ini?-Infografis

 

 

Mudah Dicapai oleh Pengguna Gadget

Penggunaan gadget yang sangat tinggi di Indonesia menjadi salah satu alasan yang dapat memudahkan penerima untuk membaca email marketing di mana saja dan kapan pun. Semakin cepat informasi itu diterima, akan semakin cepat pula respon diberikan.

 

Tingkat Membaca dan Respon yang Cepat

Jika penerima dapat mengakses email marketing di mana saja dan kapan pun, tentu mereka akan membaca dan memberikan respon dalam waktu yang singkat. Sebagai pemasar, sertakan promosi-promosi yang dapat meningkatkan keinginan penerima dalam membaca dan merespon email marketing kalian.

 

Berisi Informasi yang Relevan dan Berwawasan

Email marketing dapat menjadi media yang mampu memberikan ruang lebih bagi para pemasar untuk menyediakan informasi yang relevan dan berwawasan. Jika penerima membaca email marketing yang informatif, maka akan semakin besar tingkat ketertarikan mereka untuk memberikan respon yang kalian inginkan. Hal ini sangat berbeda dengan media sosial yang memiliki keterbatasan dalam memberikan informasi.

 

Dapat Melihat Tingkat Keterlibatan

Berbagai informasi untuk melihat seberapa besar tingkat keterlibatan penerima email marketing dapat dilakukan. Jika Pekku Goers bekerja sebagai pemasar, kalian perlu mengetahui analisa tingkat keterlibatan penerima email marketing sehingga dapat mengevaluasi strategi marketing yang akan dilakukan selanjutnya. Kalian dapat menggunakan link di bawah ini untuk mendapatkan informasi tersebut:

http://www.aweber.com/email-analytics.htm

https://litmus.com/

 

Berdasarkan Izin Penerima

Apakah Pekku Goers pernah diminta untuk mengisi kolom dengan alamat emailmu? Jika kalian mengisinya dengan alamat emailmu, secara tidak langsung kalian telah memberikan izin kepada pemasar untuk mengirimkan email marketing. Email marketing memiliki kelebihan di sini karena dapat menyasar target klien dan konsumen dengan lebih tepat.

 

Berintegrasi dengan Strategi Marketing Lain

Salah satu yang juga menjadi kelebihan dalam email marketing adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan media strategi marketing lainnya, seperti media konvensional (brosur, katalog, TVC) dan media sosial. Email marketing dapat digunakan sejalan dengan media strategi marketing lain untuk mengoptimalkan respon target klien dan konsumen.

 

Menyesuaikan dengan Target dan Tujuan Marketing

Email marketing dapat menjadi media yang mengakomodasi dalam memenuhi kebutuhan target dan tujuan marketing. Ruang lebih yang diberikan email marketing memberikan keleluasaan bagi pemasar untuk menyampaikan informasi relevan dan berwawasan. Selain itu, target klien dan konsumen yang diinginkan dapat tercapai lebih baik karena email marketing hanya dikirimkan kepada mereka yang berminat dan memberikan izin.

 

Tidak Butuh Banyak Biaya

Berbeda dengan media konvensional, email marketing tidak membutuhkan banyak biaya. Pemasar hanya membutuhkan desain yang menarik, strategi yang tepat, dan target klien serta konsumen yang memiliki minat.

 

Menurut Pekku Goers, masih efektifkah email marketing?

 

Tips Pekku:

Sebagai salah satu media promosi, email marketing juga membutuhkan eksekusi yang tepat seperti desain yang menarik dan sesuai dengan tujuan strategi marketing. Tanpa eksekusi yang tepat, maka tingkat efektifitas email marketing tersebut juga dapat berkurang.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.