Evolusi Desain Logo Google

Google, mesin pencarian #1 yang sudah pasti dikenal dan digunakan oleh semua orang. Logo Google selalu memiliki gaya yang simpel dan bersahabat. Baru-baru ini Google telah berganti wajah mengikuti trend desain saat ini yaitu flat desain. Sebelum Google berubah bentuk, apakah Pekku Goers pernah melihat desain logo dari tahun-tahun sebelumnya?

Google_Logo

MENGAPA GOOGLE MENGUBAH LOGONYA?

Selama 17 tahun, Google sebagai mesin pencarian telah mengalami banyak perubahan. Dari yang awalnya hanya dapat diakses dari satu perangkat saja, yaitu PC atau desktop, hingga kini dapat diakses dari berbagai platform, aplikasi, dan perangkat dalam waktu bersamaan.

Selama masa perubahan itu pula, Google juga mengubah logonya untuk terus mengikuti perkembangan desain di dunia, salah satunya adalah logo dengan desain flat yang dirilis per 1 September 2015 kemarin dan cukup mengundang pro/ kontra dari kalangan para desainer grafis.

1411460647319136038

Namun terlepas itu, tahukah Pekku Goers mengapa Google mengubah logonya menjadi flat seperti saat ini?

Beberapa tahun terakhir, Google sedang berusaha memperluas pasarnya, salah satunya adalah dengan meraih miliaran orang yang berada di negara Cina dan India. Sayangnya, kedua negara tersebut belum memiliki koneksi internet yang cepat seperti di negara-negara di benua Amerika dan Eropa sehingga mereka akan membutuhkan waktu lebih lama ketika membuka halaman mesin pencarian Google.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, logo flat terbaru milik Google yang sangat sederhana ini hanya berukuran 305 bytes saja. Logo ini diharapkan dapat mempermudah miliaran orang yang belum merasakan koneksi internet cepat seperti di Cina dan India ketika mengakses mesin pencarian nomor #1 di dunia ini.

Seperti yang kita ketahui, layanan mesin pencarian Google kini tidak hanya digunakan oleh penggunan komputer desktop saja, namun juga oleh para pengguna ponsel serta wearable gadget seperti Apple Watch dan Android Wear yang terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun.
Melalui adanya logo flat Google ini, kecepatan dalam memuat halaman pada gadget tersebut dapat lebih baik dan lebih mudah.

Tidak hanya logo utama saja yang diubah, logo layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Maps, dan Google Search juga ikut diubah agar terdapat keseragaman dengan logo utama.

Logo google

Nah, setelah mengetahui alasan Google mengubah logonya, bagaimana pendapat Pekku Goers mengenai desain flat tersebut?

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.